Rencana Bisnis Pendirian Usaha Sustainable Fashion Brand “Lemarie” / Bella Fransiska / 75180388 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina

Fransiska, Bella (2020) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Sustainable Fashion Brand “Lemarie” / Bella Fransiska / 75180388 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
75180388 - BELLA - awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
75180388 - BELLA - bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
75180388 - BELLA - bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
75180388 - BELLA - bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
75180388 - BELLA - bab 4.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
75180388 - BELLA - bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
75180388 - BELLA - bab 6.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
75180388 - BELLA - bab 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Resiko Usaha)
75180388 - BELLA - bab 8.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 9 Ringkasan Eksekutif)
75180388 - BELLA - bab 9.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
75180388 - BELLA - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitasa)
75180388 - BELLA - origin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text (Resume)
75180388 - BELLA - resume.pdf - Published Version

Download (369kB)

Abstract

Lemarie adalah bisnis di industri mode yang mengusung dan berfokus pada sustainable fashion serta ethical fashion. Kantor Lemarie terletak di Banjar Wijaya, Tangerang. Lemarie memiliki visi yakni “menjadi brand fashion pionir yang menjadikan sustainability sebagai standar inti dalam proses operasi, sehingga menciptakan produk ramah lingkungan yang berkualitas berstandar internasional dan mampu bersaing secara profesional”. Misi Lemarie adalah sebagai berikut: a. Memproduksi pakaian dengan menggunakan bahan sustainable atau berkelanjutan, meminimalkan jumlah komponen plastik yang terlibat ke pakaian maupun kemasan, teliti dalam menetapkan pemasok serta menciptakan produk yang berkualitas. b. Mendesain pakain yang memiliki value jangka panjang sehingga produk yang diciptakan menjadi favorite bagi para pembelinya c. Menerapkan disiplin dan teliti dalam pengoperasian perusahaan d. Terus mengikuti informasi mengenai industri fashion, dan secara aktif melakukan research tren, permintaan, maupun peminatan dari masyarakat e. Membangun tim yang kreatif dan penuh ide unik serta profesional dalam bekerja Produk yang dihasilkan oleh Lemarie berupa pakaian yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan yang berasal dari serat alami. Dalam mempromosikan bisnisnya, Lemarie menggunakan sosial media dan banner sebagai alat pemasaran utama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek dan jasa yang ditawarkan. Dalam menunjang keberhasilan bisnis ini, diperlukan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh Lemarie terdiri dari satu orang direktur merangkap desainer, satu orang manajer produksi, satu orang manajer keuangan, dan satu orang manajer pemasaran. Investasi awal yang dibutuhkan Lemarie sebesar Rp 389.470.944 untuk 1 tahun pertama, yang digunakan untuk kas awal, biaya peralatan, biaya perlengkapan, bahan baku awal, biaya produksi, biaya renovasi, biaya pendirian PT, gaji pegawai, biaya pemasaran dan web, dan biaya utilitas. Perkiraan laba rugi selama lima tahun kedepan dari tahun 2021 sampai tahun 2025, Lemarie menghasilkan laba dengan peningkatan yang cukup signifikan disetiap tahunnya. Dilihat dari performa laporan arus kas, arus kas pada tahun 2021 bernilai positif diikuti dengan tahun-tahun berikutnya. Selain itu, hasil dari perhitungan dengan menggunakan perhitungan Net Present Value hasilnya layak dengan nilai Rp 455.707.422. Jika dilihat dari hasil perhitungan Profitability Index, Lemarie memiliki hasil analisis layak dengan nilai 3,583. Selain itu, berdasarkan analisis Payback Period, Lemarie memiliki periode pengembalian investasi dalam 1 tahun 4 bulan 26 hari. Dari hasil perhitungan-perhitungan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa rencana bisnis pendirian usaha Lemarie sangat layak untuk dijalankan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 23 Nov 2020 09:56
Last Modified: 23 Nov 2020 09:56
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item