ANALISIS PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN SITUS JEJARING USAHA KECIL DAN MENENGAH PENGRAJIN TAS DI PULOGADUNG

Nuraryo, Imam (2019) ANALISIS PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN SITUS JEJARING USAHA KECIL DAN MENENGAH PENGRAJIN TAS DI PULOGADUNG. [Teaching Resource]

[img] Text (ANALISIS PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN SITUS JEJARING USAHA KECIL DAN MENENGAH PENGRAJIN TAS DI PULOGADUNG)
Laporan Penelitian Pulogadung sems gasal 2018-19.docx - Published Version

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pengrajin Tas di Pulogadung melalui media digital. Analisis yang dilakukan adalah meliputi bagaimana ketersediaan informasi, gambar atau ilustrasi, dan fitur untuk komunikasi antara pengusaha pengrajin tas dan pelanggannya dalam situs web para pengrajin Tas di Pulogadung. Landasan konseptual yang digunakan untuk penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran digital yang dinyatakan oleh Taneja dan Toombs (2014) yakni ketersediaan informasi produk seperti artikel atau panduan penggunaan produk, ketersediaan gambar-gambar pendukung, ketersediaan tampilan video yang mampu memvisualisasikan produk, ketersediaan lampiran-lampiran dokumen, ketersediaan fitur yang menyediakan sarana untuk berkomunikasi, dan ketersediaan alat transaksi dan variasi media pembayaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Metode pengkajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengumpulkan berbagai data dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancarai oleh peneliti adalah pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) pengrajin tas di Pulogadung. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga situs jaringan, masih banyak keterbatasan dalam isi pesan komunikasi pemasarannya maupun dalam hal fitur – fitur ketersediaan informasi dan gambar. Di ketiga situs jaringan tersebut, maka dapat menyimpulkan bahwa www.centralbengkel.com termasuk sebagai salah satu situs jaringan yang lebih lengkap daripada kedua yang lain sebagai sarana promosi dalam jaringan. Kata Kunci : UKM, Media Digital, Komunikasi Pemasaran, Pengrajin Tas.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum > School of Social Sciences
Depositing User: Dr. Imam Nuraryo, S.Sos., M.A. (Comms)
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:55
Last Modified: 14 Jan 2021 03:55
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item