Pengaruh Pengungkapan Kinerja Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial Dalam Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Industri Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2015 / Stefanus Sutanto / 33120089 / Pembimbing: Rizka Indri Arfianti

Sutanto, Stefanus (2017) Pengaruh Pengungkapan Kinerja Ekonomi, Lingkungan, dan Sosial Dalam Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Industri Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 – 2015 / Stefanus Sutanto / 33120089 / Pembimbing: Rizka Indri Arfianti. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
AWAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
Original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Profitabilitas adalah perbedaan antara revenue yang direalisasi yang timbul dari transaksi pada periode tertentu dihadapkan dengan biaya – biaya yang dikeluarkan pada periode tersebut. Profitabilitas dipengaruhi oleh banyak factor salah satunya adalah corporate social responsibility. Corporate social responsibility dibagi 3 kategori yaitu kinerja ekonomi, kinerja lingkungan dan kinerja sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan kinerja ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam corporate social responsibility terhadap tingkat profitabilitas pada perusahaan industri otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011 – 2015. Profitabilitas merupakan bagian terpenting yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Banyak cara untuk mengukur profitabilitas, akan tetapi dalam praktiknya profitabilitas yang digunakan ada 4 macam yaitu profit margin, return on investment, return on equity, laba per lembar saham. Corporate social responsibility pada dasarnya adalah sebuah kebutuhan bagi korporat untuk dapat berinteraksi dengan komunitas local sebagai bentuk masyarakat secara keseluruhan. Lahirnya corporate social responsibility pada abad ke – 19 yang dipelopori oleh Bowem 1953. Saat ini corporate social responsibility juga digunakan sebagai strategi bisnis. Corporate social responsibility diukur dengan menggunaka GRI G4 (Global Reporting Initiative). GRI G4 mempunyai 91 indikator dengan 3 kategori. Profitabilitas dalam penelitian ini diproksikan ke dalam Return on Asset (ROA) dengan cara membagi laba bersih dibagi total asset. Peneitian ini juga membagi corporate social responsibility ke dalam tiga kategori kinerja yaitu kinerja ekonomi (X1), kinerja lingkungan (X2), dan kinerja sosial (X3). Data yang digunakan yakni data sekunder yang terdiri dari 7 perusahaan industri otomotif yang terdaftar di BEI Periode 2011 – 2015. Sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya sehingga penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan tipe judgement sampling. Hasil Analisis Statistik Deskriptif menunjukan bahwa rata – rata ROA perusahaan industri otomotif tahun 2011 – 2015 adalah sebesar 0.08131472. Penelitian asumsi klasik menunjukan bahwa uji normalitas berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Hasil Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0.148, yang berarti 14.8% variasi ROA dapat dijelaskan melalui kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, dan kinerja sosial sedangkan 85.2% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat cukup bukti bahwa pengungkapan kinerja lingkungan dan sosial dalam corporate social responsibility mempengaruhi profitabiilitas akan tetapi, hanya kinerja ekonomi dalam corporate social responsibility yang terdapat cukup bukti mempengaruhi profitabilitas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Laba; Akuntansi-Manajemen
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting
H Social Sciences > HG Finance > Profits
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 15 Apr 2021 06:21
Last Modified: 15 Apr 2021 06:21
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item