Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015 / Natalia / 36130376 / Pembimbing : Carmel Meiden

Natalia, Natalia (2017) Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015 / Natalia / 36130376 / Pembimbing : Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (757kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (806kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (922kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (948kB)

Abstract

Krisis ekonomi yang pernah terjadi di Indonesia beberapa tahun silam menyebabkan sebagian besar perusahaan bangkrut dan harga saham ikut menurun. Hal ini menghambat tujuan utama perusahaan yaitu meningkatkan nilai perusahaan. Selain itu, terdapat aspek- aspek finansial lainnya juga ikut menurun dan mempengaruhi nilai perusahan. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan larinya investor dan berkurangnya minat investor dalam menanamkan modal dalam perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan, struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan. Pencapaian nilai perusahaan yang maksimal dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti tingkat keuntungan, besarnya perusahaan, tingkat modal, tingkat hutang, kepemilikan saham baik luar maupun dalam, dan lainnya. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan yaitu teori agency, signalling dan trade off. Setiap teori tersebut memiliki kaitan tersendiri dengan variabel-variabel dalam penelitian. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini berupa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan. Objek penelitian ini adalah laporan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2015. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sebanyak 4 kriteria dan diperoleh sampel sebanyak 192 sampel. Pengujian yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif, uji kesamaan koefisien untuk mengetahui apakah pooling data penelitian dapat dilakukan analisis regresi logistik, dan uji asumsi klasik secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan dapat mempengaruhi dan meningkatkan nilai perusahaan. Sedangkan untuk kepemilikan manajerial dan institusional serta struktur modal tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel struktur kepemilikan dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Saran yang penulis dapat berikan pada penelitian ini adalah untuk mempertimbangkan perluasan sektor perusahaan yang akan dilakukan penelitian, menggunakan variabel-variabel lainnya, menggunakan proksi yang berbeda untuk variabel yang sama, memperbanyak periode tahun pengujian, serta penggunaan metode penelitian lainnya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Akuntansi-Manajemen; Modal; Laba; Saham; Auditing
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting
H Social Sciences > HG Finance > Profits
H Social Sciences > HJ Public Finance > Stock Exchanges
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Apr 2021 00:41
Last Modified: 09 Apr 2021 00:41
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item