Gamification as a Service Berbasis PHP / Michelle / 56130093 / Pembimbing: Akhmad Budi

Michelle, Michelle (2017) Gamification as a Service Berbasis PHP / Michelle / 56130093 / Pembimbing: Akhmad Budi. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (Bab 2 Landasan Teori)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text (Bab 3 Gambaran Sistem Yang Berjalan)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (971kB)
[img] Text (Bab 4 Analisis dan Pembahasan)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
Originalitas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tidak adanya suatu layanan untuk meningkatkan rasa motivasi dan prestasi pekerja dalam bekerja di Perusahaan Koding Next. Penulis menerapkan konsep gamification pada layanan ini. Konseptualisasi pada gamification pada layanan ini menggunakan 9 unsur dari motivational affordance berupa nilai, papan peringkat, tingkatan, lencana, tujuan yang jelas, umpan balik, penghargaan, perkembangan, dan tantangan. Motivational affordance tersebut akan memberikan hasil dalam bentuk psikologi dan perilaku lanjutan. Penulis melakukan studi lapangan, melakukan wawancara kepada pengguna yang akan terlibat langsung dengan layanan gamification dan melakukan tinjauan pustaka terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang memiliki topik yang sama. Hasil temuan yang penulis dapatkan adalah konsep gamification dapat diterapkan dengan PHP berbentuk API sebagai layanannya. Data pada layanan ini dapat diakses oleh web maupun platform lainnya untuk menunjang konsep gamification. Melalui proses penelitian yang telah penulis jalankan dan proses pembuatan layanan yang telah berlangsung, penulis menyimpulkan bahwa layanan yang penulis hasilkan mampu menerapkan layanan gamification di Perusahaan Koding Next. Layanan tersebut dapat meningkatkan rasa motivasi dan prestasi pekerja. Kata kunci: gamification, layanan, gamification as a service, API

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komputer-Manajemen Database; Komputer-Pemrograman; Web Based-Design Support Systems
Subjects: W Computer Science > Web Based - Decision Support Systems (DSS)
W Computer Science > Computer Programming and Programs
W Computer Science > Computer - Software
W Computer Science > Database Management
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 18 Oct 2021 00:23
Last Modified: 18 Oct 2021 00:23
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item