Charista, Priscillia (2017) RENCANA BISNIS PENDIRIAN USAHA JASA BRANDING “MELON PROMOTION AND DESIGN” DI JAKARTA / Priscillia Charista / 79130007 / Pembimbing: Sugi Suhartono. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (707kB) |
|
Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
BAB 2.pdf - Published Version Download (850kB) |
|
Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
BAB 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
BAB 4.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
BAB 5.pdf - Published Version Download (837kB) |
|
Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
BAB 6.pdf - Published Version Download (798kB) |
|
Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
BAB 7.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Risiko Usaha)
BAB 8.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
|
Text (Bab 9 Rencana Usaha)
BAB 9.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (531kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
Abstract
Nama perusahaan yang akan didirikan oleh penulis adalah usaha branding Melon Promotion and Design yang terletak di Jalan Gading Nirwana I PF 16 no 5 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Melon Promotion and Design memiliki nomor telepon yang dapat dihubungi untuk melakukan kontak yaitu 0838-7801-4025. Usaha branding Melon Promotion and Design juga memiliki website untuk menyebarkan informasi dan melakukan kegiatan pemasaran yaitu melonbranding.com. Melon Promotion and Design bergerak dibidang jasa branding dan terfokus pada jasa promosi dan desain. Dengan konsep usaha Business to Business membuat usaha branding Melon Promotion and Design berkomitmen untuk menjadi andalan dan mitra bisnis bagi pelanggannya. usaha branding Melon Promotion and Design juga menekankan dirinya sebagai penyedia solusi bagi bisnis Anda yang juga tertera pada tagline usaha dalam bahasa inggris, dengan membawa tagline tersebut usaha branding Melon Promotion and Design diharapkan mengambil andil yang besar dalam pertumbuhan dan perkembagan bisnis di Indonesia khususnya di kota Jadetabek serta diingatkan untuk selalu memberikan jasa branding yang berkualitas terbaik untuk para pelanggan dan mitra bisnis. Usaha branding Melon Promotion and Design yang akan didirikan ini memiliki visi yaitu “Menjadi perusahaan branding terbaik dan terbesar di Indonesia.” Untuk mencapai visi tersebut, diperlukan misi yang menjadi jembatan terhadap gap untuk mencapai visi. Misi yang dimiliki usaha branding Melon Promotion and Design adalah menyediakan jasa yang dibutuhkan perusahaan offline maupun online; memberikan pelayanan yang profesional dan memuaskan pelanggan; menyediakan jasa yang berkualitas tinggi; bekerjasama dengan berbagai perusahaan desain interior, desain grafis, dan periklanan; mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan masyarakat Indonesia; menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan, karyawan, serta perusahaan sejenis dalam industri yang sama. Usaha yang didirikan ini menyediakan jasa branding berupa jasa iklan dan jasa desain profesional. Jasa tersebut disediakan sesuai kebutuhan pelanggan sesuai dengan ukuran perusahaannya. Pelanggan yang menjadi target utama usaha branding Melon Promotion and Design adalah toko online, e-commerce, dan perusahaan UMKM. Adapun pesaing yang perlu dihadapi oleh usaha branding Melon Promotion and Design yaitu Lumi One dan Momentum Creative. Kedua pesaing tersebut menawarkan produk yang sama seperti usaha branding Melon Promotion and Design, untuk itu perlu adanya strategi untuk mencapai keunggulan dengan menekan harga dan meningkatkan kualitas. Seperti halnya bisnis yang lain, diperlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek dan produk yang ditawarkan sebuah usaha. Untuk itu usaha branding Melon Promotion and Design juga memiliki strategi pemasaran, yaitu menggunakan website, proposal, kartu nama dan pemasaran melalui sosial media sebagai kegiatan promosi dan pemasaran. Sebagai usaha yang profesional dan mampu diandalkan, dibutuhkan sumber daya manusia yang juga turut memberikan dampak positif bagi usaha. Demi mewujudkan hal tersebut, Melon Promotion and Design melakukan training bagi setiap karyawan yang tergabung. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan karyawan dalam usaha branding Melon Promotion and Design. Saat ini direncanakan tim dalam Melon Promotion and Design akan berjumlah 7 orang yang terdiri dari satu orang Manajer, satu orang Admin, satu orang karyawan operasional, dua orang freelance designer, dan dua orang freelance content writer. Proyeksi penjualan pada tahun 2018 adalah sebesar Rp. 259.156.000 dengan laba kotor sebesar Rp. 71.109.200. Pajak yang ditetapkan pemerintah adalah 1% dari penjualan kotor, maka pajak yang harus dibayar pada periode 2017-2018 adalah sebesar Rp. 2,591,560. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat diperkirakan bahwa laba bersih (EAT) yang dihasilkan pada periode 2017-2018 adalah sebesar Rp. 68,517,640. Dana sebesar Rp. 60.286.000 dialokasikan untuk pembukaan usaha branding Melon Promotion and Design, dimana diperlukan dana untuk penyewaan kantor sebesar Rp. 75.000.000 untuk 5 tahun, perlengkapan kantor sebesar Rp. 7.232.000, peralatan kantor sebesar Rp. 47.554.000, serta kas awal sebesar Rp. 5.000.000.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Promosi dan Desain |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Advertising (Business) H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management) |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:35 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 07:35 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2587 |
Actions (login required)
View Item |