Martana, Grace (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014 / Grace Martana / 37120122 / Pembimbing: Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
awal.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version Download (861kB) |
Abstract
Earnings response coefficient adalah besaran yang menggambarkan hubungan antara abnormal return dengan unexpected earnings pada saat pasar bereaksi terhadap pengumuman laba yang tercermin dari perubahan harga sekuritas perusahaan yang bersangkutan. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang menyebabkan respon pasar berbeda, diantaranya ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan, ukuran perusahaan, ukuran KAP, leverage dan kesempatan bertumbuh. Kualitas laba dapat diindikasikan sebagai kemampuan informasi laba memberikan respon kepada pasar. Kuatnya reaksi pasar terhadap informasi laba yang tercermin dari tingginya earnings response coefficients menunjukkan bahwa laba yang dilaporkan berkualitas. Jika investor mempunyai persepsi bahwa informasi keuangan itu memiliki kredibilitas tinggi, maka ia akan bereaksi terhadap laporan keuangan tersebut secara kuat. Objek penelitian ini adalah 72 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian yaitu tahun 2012-2014, memiliki laporan keuangan yang berakhir 31 Desember, dan memiliki data keuangan serta data pasar yang lengkap. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi R 2 dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi, yaitu residu berdistribusi normal, tidak ada autokorelasi, tidak ada multikolinearitas, dan tidak ada heteroskedastisitas. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi ERC berdasarkan uji F. Berdasarkan uji t dapat disimpulkan bahwa KAP, LEV dan MTBR tidak berpengaruh signifikan terhadap ERC, sedangkan TIME berpengaruh signifikan negatif terhadap ERC dan TA berpengaruh positif terhadap ERC. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap ERC adalah ketepatwaktuan penyampaian laporan keuangan yang berpengaruh negatif terhadap ERC dan ukuran perusahaan yang berpengaruh positif terhadap ERC. Sementara itu ukuran KAP, leverage, dan kesempatan bertumbuh tidak cukup bukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap earnings response coefficient.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Earnings Response Coefficient; abnormal return; unexpected earnings; Kualitas laba; Perusahaan Manufaktur; Bursa Efek Indonesia; Periode 2012-2014 |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Sector Accounting |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 04:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 04:34 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3247 |
Actions (login required)
View Item |