Analisis Pengaruh Pertumbuhan Laba, Persistensi Laba, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Kualitas Audit Terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2014 / Cynthia Adi Jaya / 30120080 / Pembimbing: Prima Apriwenni

Jaya, Cynthia Adi (2016) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Laba, Persistensi Laba, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Kualitas Audit Terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2014 / Cynthia Adi Jaya / 30120080 / Pembimbing: Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (544kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Informasi perusahaan merupakan salah satu sumber yang digunakan oleh investor untuk pengambilan keputusan investasi dan meramalkan prospek perusahaan di masa mendatang. Investor akan menggunakan laporan keuangan untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan. Salah satu hal yang akan dilihat oleh investor adalah laba yang dipublikasikan perusahaan. Pasar yang mengetahui dan meyakini bahwa laba yang dilaporkan perusahaan memiliki kandungan informasi akan tercermin pada harga saham. Penelitian ini akan meneliti tentang hubungan antara perubahan harga saham dan kandungan informasi dari laba yang diumumkan perusahaan yang diukur menggunakan earnings response coefficients dan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi earnings response coefficient. Teori yang mendasari penelitian ini adalah signaling theory. Signal merupakan suatu informasi yang dikomunikasikan manajemen yang memberi petunjuk bagi investor tentang nilai perusahaan sebenarnya. Earnings response coefficient sendiri merupakan reaksi atas laba yang diumumkan perusahaan dan tinggi rendahnya reaksi pasar tersebut tergantung dari kualitas laba yang dihasilkan perusahaan. Berdasarkan penelitian sebelumnya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan respon pasar yang berbeda-beda, seperti pertumbuhan laba, persistensi laba, leverage, ukuran perusahaan, dan kualitas audit. Objek penelitian ini adalah 38 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2014 dan tidak pernah delisting pada periode tersebut serta memiliki laporan keuangan yang berakhir 31 Desember, memiliki nilai laba bersih positif selama periode penelitian, dan data keuangan serta data pasar yang lengkap. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan koefisien determinasi R 2 . Dalam analisis dan pembahasan dapat dilihat bahwa model analisis regresi berganda untuk menguji earnings response coefficient dapat digunakan. Model penelitian ini juga dapat melewati semua uji asumsi klasik yang dilakukan. Dari hasil analisis regresi berganda, juga dapat dilihat bahwa persistensi laba, pertumbuhan laba, dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient. Leverage berpengaruh negatif terhadap earnings response coefficient dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap earnings response coefficient. . Berdasarkan hasil analisis tersebut, ditemukan tidak terbukti bahwa pertumbuhan laba, persistensi laba, dan kualitas audit memiliki pengaruh terhadap earnings response coefficient. Sedangkan leverage terbukti memiliki pengaruh negatif terhadap earnings response coefficient dan ukuran perusahaan terbukti memiliki pengaruh positif terhadap earnings response coefficient

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Laba; Persistensi Laba; Leverage; Ukuran Perusahaan; Kualitas Audit; Earnings Response Coefficient; Perusahaan Manufaktur; BEI; Tahun 2012-2014
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Sector Accounting
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:59
Last Modified: 06 Sep 2022 03:59
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3326

Actions (login required)

View Item View Item