Anggreini, Muttia (2022) Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Governance sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020 / Muttia Anggreini / 33189015 / Pembimbing : Rizka Indri Arfianti. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (675kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (840kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (489kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (717kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia membuat setiap perusahaan harus meningkatkan kinerja perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan. Strategi bisnis yaitu dengan melakukan inovasi. Harga saham dikaitkan dengan keberhasilan suatu perusahaan, dimana tingginya suatu harga saham dapat membuat investor tertarik dan percaya akan prospek dari suatu perusahaan. Tidak hanya dari harga saham nilai perusahaan juga dapat dilihat dari adanya pengalokasian keputusan manajemen yang tepat. Selain itu nilai perusahaan juga mempunyai pengaruh dengan kinerja keuangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan dimoderasi oleh good corporate governance. Penelitian ini berdasarkan dari teori sinyal dan teori keagenan. Teori sinyal ini membahas bagaimana suatu perusahaan menyampaikan sinyal kepada investor maupun pengguna laporan keuangan yang berguna dalam penilaian kinerja keuangan. Hubungan signaling theory dengan nilai perusahaan yaitu nilai perusahaan yang baik dapat menjadi signal positif dan sebaliknya nilai perusahaan yang buruk dapat menjadi signal negatif. Teori keagenan membahas mengenai bahwa ada perbedaan kepentingan antara agent dan principal dan adanya ketidakseimbangan informasi yang terjadi disebut dengan information asymmetry. Objek yang digunakan adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling method dan diperoleh sampel sebanyak 57 sampel. Pengujian yang dilakukan adalah uji kesamaan koefisien untuk mengetahui apakah pooling data dapat dilakukan, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan pada α=5% dengan nilai sig sebesar 0.000, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig sebesar 0.225, dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig sebesar 0.005. Good corporate governance cukup bukti dapat menjadi pemoderasi dalam memperkuat hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig sebesar 0.41. Sedangkan, good corporate governance tidak cukup bukti sebagai pemoderasi pengaruh leverage dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig masing-masing sebesar 0.452 dan 0.318. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Good corporate governance dapat memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Tetapi, good corporate governance tidak cukup bukti memoderasi pengaruh leverage dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Leverage; Kebijakan Dividen; Good Corporate Governance; Strategi bisnis; inovasi; Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer; Bursa Efek Indonesia; Periode 2018-2020 |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 02:16 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 02:16 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4058 |
Actions (login required)
View Item |