Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada: Perusahaan Sektor Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020) / Kevin / 39199093 / Pembimbing : Yustina Triyani

Kevin, Kevin (2022) Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada: Perusahaan Sektor Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020) / Kevin / 39199093 / Pembimbing : Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (820kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (967kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (732kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan sumber informasi yang dapat digunakan oleh berbagai pihak sebagai dasar pengambilan keputusan. Manajemen perusahaan menggunakan berbagai cara agar laporan keuangan perusahaan terlihat menarik bagi investor. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori akuntasi positif dan teori keagenan. Teori akuntansi positif didasarkan pada premis bahwa individu selalu bertindak atas motivasi mereka dan berusaha untuk memaksimalkan kepentingan mereka. Teori keagenan mengasumsikan bahwa setiap individu hanya dimotivasi oleh kepentingannya sendiri, yang menyebabkan konflik kepentingan antara prinsipal dan agen. Manajemen laba diproksikan dengan DACC (discretionary accruals) yang dihitung dengan model modified jones. Profitabilitas diukur menggunakan Return on Asset dan diberi simbol ROA. Pertumbuhan perusahaan diukur dengan pertumbuhan pendapatan dan diberi simbol GROWTH. Leverage diukur dengan membagi total hutang dengan total aset dan diberi simbol LEV. Ukuran perusahaan diukur dengan logaritma natural total aset perusahaan dan diberi simbol FS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pooling, statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang berisikan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Uji analisis regresi berganda berisikan uji F, uji t, uji koefisien determinasi (R2). Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer goods yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 3 tahun, dari tahun 2018 hingga 2020. Penelitian ini lolos dari uji pooling, uji asumsi klasik yang berisikan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil dari uji F nilai signifikansi 0,028 < 0,005 sehingga model penelitian layak untuk digunakan . Hasil uji t untuk ROA signifikansi sebesar 0,094 sehingga tolak Ha1, GROWTH signifikansi sebesar 0,142 sehingga tolak Ha2, LEV signifikansi sebesar 0,005 sehingga terima Ha3, dan FS signifikansi sebesar 0,096 sehingga tolak Ha4. Hasil dari uji R2 yaitu sebesar 0,108 sehingga 10,8% variabel dependen dijelaskan dengan variabel independen dalam penelitian ini. Kesimpulan pada penelitian adalah profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan tidak terdapat cukup bukti berpengaruh terhadap manajemen laba, sementara leverage terdapat cukup bukti berpengaruh terhadap manajemene laba.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan; Laba; discretionary accruals; Profitabilitas; Pertumbuhan Perusahaan; Leverage; Ukuran Perusahaan; teori akuntasi positif; teori keagenan; Perusahaan Sektor Consumer Goods; Bursa Efek Indonesia; Tahun 2018-2020
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Accountability
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 16 Jan 2023 09:23
Last Modified: 16 Jan 2023 09:23
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item View Item