Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2020 / Eny Via / 20199036 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto

Via, Eny (2023) Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2020 / Eny Via / 20199036 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (716kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (701kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (638kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (795kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Struktur pendanaan telah menjadi permasalahan yang penting bagi perusahaan karena baik atau buruknya struktur pendanaan akan mempengaruhi keuangan perusahaan sehingga kedepannya tentu akan mempengaruhi nilai perusahaan. Karena dengan berhasil memaksimalkan nilai perusahaan berarti juga menunjukkan keberhasilan dalam memakmurkan pemegang saham yang merupakan tujuan utama perusahaan. Variabel struktur modal diukur menggunakan debt equity to ratio (DER) , dan variabel nilai perusahaan diukur menggunakan price book to value (PBV) sedangkan pertumbuhan penjualan diukur menggunakan nilai total penjualan. Sampel yang digunakan sebanyak 77 perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2019 sampai dengan 2020. Berdasarkan teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode dokumentasi dimana peneliti memperoleh data dengan mengumpulkan informasi melalui buku - buku yang relevan, penelitian terdahulu dan laporan keuangan yang terdaftar di BEI periode 2019 - 2020. Hasil dari penelitian ini (1) struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan penjualan, (3) pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan (4) pertumbuhan penjualan tidak mampu memediasi hubungan antara struktur modal terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk para investor dalam mengambil keputusan berinvestasi serta memberikan gambaran kondisi perusahaan sesuai dengan variable dalam penelitian, sehingga untuk investasi pun harus dilakukan dengan lebih bijak dan peneliti selanjutnya dapat menambah periode penelitian serta variabel penelitian.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal; Pertumbuhan Penjualan; Nilai Perusahaan; Perusahaan Manufaktur
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Budgeting
H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Corporation Finance
H Social Sciences > HG Finance > Financial Management
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:52
Last Modified: 29 Jan 2024 07:52
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item