Pengaruh Profitabilitas, Financial Distress, Opini Audit, Reputasi KAP, dan Ukuran Perusahaan terhadap Audit Delay pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Non-Primer yang Terdaftar di BEI Periode 2020 – 2022 / Angelique Effendi / 34200082 / Pembimbing: Rizka Indri Arfianti

Effendi, Angelique (2024) Pengaruh Profitabilitas, Financial Distress, Opini Audit, Reputasi KAP, dan Ukuran Perusahaan terhadap Audit Delay pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Non-Primer yang Terdaftar di BEI Periode 2020 – 2022 / Angelique Effendi / 34200082 / Pembimbing: Rizka Indri Arfianti. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (980kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text
BaB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (798kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (697kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Setiap perusahaan yang go public dan yang sudah terdaftar di BEI diwajibkan untuk melaporkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh akuntan publik yang independen yang terdaftar di BAPEPAM-LK atau yang dikenal sebagai OJK dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Tetapi masih banyak perusahaan yang masih mengalami keterlambatan dalam menyampaikan laporan keuangan yang sudah di audit. Sehingga, tujuan dari penelitian adalah untuk meneliti apakah variabel profitabilitas, financial distress, opini audit, reputasi KAP, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit delay atau tidak. Pada penelitian ini menggunakan teori agensi dan teori sinyal sebagai dasar dalam penelitian ini, Teori agensi merupakan hubungan antara manajer (agent) atau manajemen dengan pemilik (principal) atau pemegang saham yang memiliki kepentingan berbeda, dimana agent diberikan wewenang untuk memenuhi kepentingan principal. Sedangkan teori sinyal menyatakan bahwa terdapat dua pihak yaitu pihak internal atau manajemen yang memberikan sinyal berupa informasi relevan kepada pihak eksternal dan pihak eksternal atau investor dan lainnya, sebagai penerima sinyal atau informasi tersebut. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa pengamatan terhadap laporan keuangan perusahaan barang konsumen non primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020 – 2022 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling metode purposive sampling, sehingga didapatkan total sampel sebanyak 102 data. Data tersebut diuji dengan teknik analisis berupa statistik deskriptif, uji pooling, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Teknik analisis dilakukan dengan program SPSS 26 dan menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki nilai signifikansi sebesar 0,005 dengan arah koefisien regresi negatif, sehingga H1 diterima. Financial distress, opini audit dan reputasi KAP masing-masing memiliki nilai signfikansi < 0,05, tetapi karena koefisien regresinya berbeda arah dengan hipotesis sehingga H2, H3 dan H4 tidak dapat disimpulkan. Sedangkan ukuran perusahaan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,0465 dengan arah koefisien regresi positif sehingga H5 diterima. Kesimpulan penelitian ini, profitabilitas terbukti berpengaruh negatif terhadap audit delay, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap audit delay. Sedangkan financial distress, opini audit dan reputasi KAP terbukti namun tidak dapat disimpulkan mampu berpengaruh negatif terhadap audit delay.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Financial Disress; Opini Audit; Reputasi KAP; Ukuran Perusahaan; Audit Delay
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Performance Audit
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:30
Last Modified: 15 Jul 2025 04:30
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item