Kevin, Matthew Suntpiet (2024) Pengaruh Corporate Social Responsibility, Leverage dan Likuiditas Terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2020 - 2022 / Kevin Matthew Suntpiet / 33200180 / Pembimbing: Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (706kB) |
![]() |
Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (569kB) |
![]() |
Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (665kB) |
![]() |
Text
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (596kB) |
![]() |
Text
BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
![]() |
Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (384kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (524kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (928kB) |
![]() |
Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version Download (632kB) |
Abstract
Pemasukan utama suatu negara biasanya berasal dari sektor perpajakan. Salah satu tantangan dalam meningkatkan penerimaan pajak adalah resistensi dari wajib pajak yang mencoba menghindari pajak untuk mengurangi biaya operasional termasuk beban pajak. Praktik penghindaran pajak oleh perusahaan bukanlah hal baru, karena tujuan utamanya adalah mencapai profitabilitas yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak Corporate Social Responsibility, leverage, dan likuiditas terhadap agresivitas pajak. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori agensi dan teori legitimasi. Teori agensi menjelaskan hubungan antara pemegang saham (principal) dan manajer (agen) yang bekerja bersama namun memiliki tujuan yang berbeda. Teori legitimasi menjelaskan bagaimana perusahaa mempertahankan dukungan dan legitimasi dari masyarakat melalui strategi komunikasi dan perilaku sesuai dengan norma sosial. Penelitian ini menggunakan metode observasi data sekunder yang dikumpulkan dari laporan keuangan tahunan tahun 2020–2022 pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, atau judgement sampling, sebagai pendekatan sampelnya. Perusahaan pertambangan sebanyak 11 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2020-2022 dijadikan sampel dalam penelitian ini, dengan total 33 data observasi yang dikelola menggunakan software IBM SPSS versi 26. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa seluruh data lolos uji dan layak untuk diteliti. Berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai signifikansi corporate social responsibility sebesar 0,056>0,05, sehingga dapat dikatakan Ha1 ditolak. Sementara itu, signifikansi dari leverage dan likuiditas masing-masing sebesar 0,00<0,05, sehingga Ha2 dan Ha3 diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, sedangkan leverage dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci: agresivitas pajak, Corporate Social Responsibility, leverage, likuiditas
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | agresivitas pajak, Corporate Social Responsibility, leverage, likuiditas |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 07:08 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 07:08 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |