FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING (STUDI KASUS PELANGGAN MINIMARKET ALFAMART DAN INDOMARET DI SUNTER JAKUT)

Fuad, Muhammad and Harjati, Lily FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING (STUDI KASUS PELANGGAN MINIMARKET ALFAMART DAN INDOMARET DI SUNTER JAKUT). [Teaching Resource]

[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING (STUDI KASUS PELANGGAN MINIMARKET ALFAMART DAN INDOMARET DI SUNTER JAKUT))
LAPORAN HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pada persaingan bisnis yang semakin terus meningkat, pola hidup masyarakat di perkirakan akan mengalami perubahan. Hal ini memberi peluang bagi para pelaku ekonomi untuk memasuki pasar atau memperluas pasar yang telah diperoleh. Salah satu cara yang dapat dilakukan peritel untuk mempertahankan keunggulan bersaing adalah dengan promosi penjualan di dalam toko. Promosi penjualan didalam toko akan membuat impulse buying dari konsumen semakin mudah terbentuk. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh price discount, bonus pack, dan in-store display terhadap impulse buying. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah price discount, bonus pack, in-store display dan impulse buying. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah price discount, bonus pack, dan in-store display, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah impulse buying. Objek penelitian ini adalah Alfamart dan Indomaret di daerah Sunter Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner kepada 100 sampel konsumen yang pernah melakukan pembelian di Alfamart dan 100 sampel konsumen yang pernah melakukan pembelian di Indomaret di daerah Sunter Jakarta Utara. Penarikan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah responden terbanyak adalah perempuan dengan status mahasiswa atau pelajar dan pengeluaran perbulan di Alfamart <Rp.1.000.000. Sedangkan responden terbanyak di Indomaret adalah laki-laki dengan status karyawan dan pengeluaran perbulan lebih dari Rp.1.000.000. Berdasarkan analisis linier berganda secara parsial in-store display berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying. Sedangkan, price discount dan bonus pack tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying di Alfamart Sunter Jakarta Utara. Sedangkan di Indomaret analisis linier berganda secara parsial price discount dan in-store display berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying. Sedangkan, bonus pack tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa secara keseluruhan price discount, bonus pack, dan in-store display berpengaruh terhadap impulse buying, walaupun secara parsial dua dari tiga variabel tidak berpengaruh secara signifikan. Kata kunci: Price Discount, Bonus Pack, In-store Display, Impulse Buying.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Fuad, S.E., MP.
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:46
Last Modified: 01 Sep 2020 03:46
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item