Pengaruh Strategi Diversifikasi Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Agency Cost sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016 / Tias Agustiningrum / 36140538 / Pembimbing: Carmel Meiden

Agustiningrum, Tias (2018) Pengaruh Strategi Diversifikasi Terhadap Kinerja Perusahaan dengan Agency Cost sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016 / Tias Agustiningrum / 36140538 / Pembimbing: Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
36140538 - Tias - awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
36140538 - Tias - bab 1.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
36140538 - Tias - bab 2.pdf - Published Version

Download (939kB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
36140538 - Tias - bab 3.pdf - Published Version

Download (968kB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
36140538 - Tias - bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
36140538 - Tias - bab 5.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
36140538 - Tias - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text (Lampiran)
36140538 - Tias - lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
36140538 - Tias - orisin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text (Resume)
36140538 - Tias - resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Persaingan dunia usaha yang semakin ketat dengan bertambahnya jumlah pesaing memaksa perusahaan untuk mengembangkan usahanya yang salah satunya dengan diversifikasi. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan yang dimoderasi oleh agency cost. Strategi diversifikasi pada penelitian ini diuji lebih lanjut berdasarkan keterkaitan antar segmen yang terbagi menjadi dua yaitu related diversification dan unrelated diversification. Diversifikasi dilakukan perusahaan untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas sumber daya, meningkatkan kekuatan pasar, menstabilkan pendapatan usaha, dan atas kepentingan agen. Teori Agensi menjelaskan hubungan antara prinsipal dan agen. Dalam strategi diversifikasi sendiri terdapat motif agen didalamnya yang menjelaskan bahwa agen menggunakan strategi diversifikasi untuk meningkatkan kemakmurannya dan menurunkan risiko manajerial walaupun dapat mencederai kepentingan pemilik. Level diversifikasi diukur menggunakan indeks entropi dan kinerja perusahaan diukur menggunakan excess value of firm. Selain itu terdapat agency cost sebagai variabel moderasi dengan proksi asset turnover. Terdapat 3 variabel kontrol berupa ukuran perusahaan, tingkat hutang, dan umur perusahaan. Sampel yang digunakan dari sektor industri manufaktur selama periode 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode judgment purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji hubungan antar variabel yang digunakan dan moderate regression analysis untuk menguji pengaruh variable moderasi. Setelah melewati beberapa uji terdiri dari asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas, dan autokorelasi) serta uji statistik F dan uji t didapat beberapa hasil. Secara simultan variabel diversifikasi total dan diversifikasi parsial (related dan unrelated diversification), agency cost berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Kedua, diversifikasi total dan diversifikasi parsial (related dan unrelated diversification) berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Ketiga, variabel moderasi agency cost tidak terbukti memperlemah pengaruh positif total diversifikasi terhadap kinerja perusahaan. Keempat, variabel moderasi agency cost tidak terbukti memperlemah pengaruh positif diversifikasi parsial (related diversificaation dan unrelated diversification) terhadap kinerja perusahaan. Terdapat beberapa kesimpulan yaitu bahwa diversifikasi total dan diversifikasi parsial (related diversification dan unrelated diversification) berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Selain itu agency cost tidak cukup bukti dapat memperlemah pengaruh diversifikasi maupun diversifikasi parsial (related diversification dan unrelated diversification) terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pemasaran, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Jan 2021 05:06
Last Modified: 14 Jan 2021 05:06
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item