Pengaruh Kebijakan Utang terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Risiko Bisnis pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016 / Grace / 25140085 / Pembimbing: Dr. M. Budi Widiyo Iryanto

Grace, Grace (2018) Pengaruh Kebijakan Utang terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Risiko Bisnis pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016 / Grace / 25140085 / Pembimbing: Dr. M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
25140085 - grace - awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
25140085 - grace - bab 1.pdf - Published Version

Download (580kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
25140085 - grace - bab 2.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
25140085 - grace - bab 3.pdf - Published Version

Download (742kB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
25140085 - grace - bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
25140085 - grace - bab 5.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
25140085 - grace - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (Lampiran)
25140085 - grace - lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
25140085 - grace - orisin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Resume)
25140085 - grace - resume.pdf - Published Version

Download (666kB)

Abstract

Semua perusahaan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Dalam usaha meningkatkan nilai perusahaan, keputusan yang diambil manajer cenderung untuk memenuhi kepentingan mereka terlebih dahulu daripada memenuhi kepentingan pemilik, sehingga menimbulkan konflik keagenan. Salah satu cara untuk mengurangi konflik keagenan adalah kebijakan utang. Dengan adanya utang, dapat mengurangi keinginan manajer untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang tidak optimal, sehingga akan meningkatkan nilai perusahaan. Kondisi eksternal perusahaan seperti keadaan ekonomi yang tidak baik dapat memengaruhi perusahaan, sehingga perusahaan akan sulit untuk membayar pinjaman beserta bunganya. Semakin tinggi risiko bisnis perusahaan, semakin berhati-hati perusahaan tersebut dalam membangun struktur permodalannya. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori keagenan, teori Modigliani-Miller, dan teori Trade-off. Teori keagenan merupakan hubungan kontrak manajer dengan pemegang saham. Teori Modigliani-Miller merupakan keuntungan yang didapat dengan menggunakan utang sebanyak-banyaknya. Teori Trade-off merupakan keuntungan penggunaan utang melalui penghematan pajak sampai titik optimalnya. Obyek penelitian adalah sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Non-Probability Sampling yaitu Purposive Sampling. Jumlah sampel 28 perusahaan atau 112 unit analisis. Teknik analisis data untuk menguji masing-masing variabel dan pengujian hipotesis melalui model persamaan regresi linear sederhana melalui software SPSS Versi 20. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kebijakan utang berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan bahwa risiko bisnis dapat memoderasi pengaruh kebijakan utang terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Utang; Manajemen Risiko
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 15 Jan 2021 01:01
Last Modified: 15 Jan 2021 01:01
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item