Dwiandini, Yohana Camila (2017) Evaluasi Pengendalian Internal Atas Piutang Pelanggan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya / Yohana Camila Dwiandini / 33130201 / Pembimbing : Haitami Abubakar. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (651kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (964kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (655kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (623kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (653kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (716kB) |
Abstract
Penjualan kredit dilaksanakan oleh perusahaan dengan cara mengirimkan barang sesuai dengan order yang diterima dari pembeli dan untuk jangka waktu tertentu perusahaan mempunyai tagihan kepada pembeli. Penjualan kredit pada akhirnya akan menimbulkan piutang bagi perusahaan. Perlunya pengendalian internal yang efektif agar tidak menimbulkan piutang yang tidak dapat tertagih. Sistem pengendalian internal terdiri atas kebijakan dan prosedur yang dirancang untuk memberikan manajemen kepastian yang layak bahwa perusahaan telah mencapai tujuan dan sasarannya. Jika kita berbicara mengenai pengendalian internal atas piutang usaha, sesungguhnya yang menjadi pusat perhatian kita bagaimana pengamanan yang efisien dan efektif dilakukan atas piutang usaha, baik dari segi pengamanan atas perolehan fisik kas, pemisahan tugas (termasuk masalah otorisasi persetujuan kredit), sampai tersedianya data catatan akuntansi yang akurat. Objek penelitian adalah PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya yang bergerak di bidang jasa penyediaan tenaga listrik di Indonesia. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan membandingkan sistem dan prosedur serta pengendalian internal terhadap piutang pelanggan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dengan landasan teori. Dari hasil penelitian dapat diketahui tingkat pelaksanaan sistem dan prosedur pelaksanaan pengendalian internal atas piutang yang selama ini dilakukan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem dan prosedur atas pengendalian internal di PT PLN (Persero) sudah efektif. Dibagian akhir, penulis memberikan saran atas temuan-temuan yang berhasil diidentifikasi oleh penulis.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Utang; Manajemen Keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > Credit H Social Sciences > HG Finance > Debts and Receivables H Social Sciences > HG Finance > Financial Management |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 04:45 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 04:45 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1345 |
Actions (login required)
View Item |