Evaluasi Pengendalian Internal Atas Piutang Pelanggan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya / Yohana Camila Dwiandini / 33130201 / Pembimbing : Haitami Abubakar

Dwiandini, Yohana Camila (2017) Evaluasi Pengendalian Internal Atas Piutang Pelanggan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya / Yohana Camila Dwiandini / 33130201 / Pembimbing : Haitami Abubakar. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (716kB)

Abstract

Penjualan kredit dilaksanakan oleh perusahaan dengan cara mengirimkan barang sesuai dengan order yang diterima dari pembeli dan untuk jangka waktu tertentu perusahaan mempunyai tagihan kepada pembeli. Penjualan kredit pada akhirnya akan menimbulkan piutang bagi perusahaan. Perlunya pengendalian internal yang efektif agar tidak menimbulkan piutang yang tidak dapat tertagih. Sistem pengendalian internal terdiri atas kebijakan dan prosedur yang dirancang untuk memberikan manajemen kepastian yang layak bahwa perusahaan telah mencapai tujuan dan sasarannya. Jika kita berbicara mengenai pengendalian internal atas piutang usaha, sesungguhnya yang menjadi pusat perhatian kita bagaimana pengamanan yang efisien dan efektif dilakukan atas piutang usaha, baik dari segi pengamanan atas perolehan fisik kas, pemisahan tugas (termasuk masalah otorisasi persetujuan kredit), sampai tersedianya data catatan akuntansi yang akurat. Objek penelitian adalah PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya yang bergerak di bidang jasa penyediaan tenaga listrik di Indonesia. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan membandingkan sistem dan prosedur serta pengendalian internal terhadap piutang pelanggan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dengan landasan teori. Dari hasil penelitian dapat diketahui tingkat pelaksanaan sistem dan prosedur pelaksanaan pengendalian internal atas piutang yang selama ini dilakukan oleh PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem dan prosedur atas pengendalian internal di PT PLN (Persero) sudah efektif. Dibagian akhir, penulis memberikan saran atas temuan-temuan yang berhasil diidentifikasi oleh penulis.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Utang; Manajemen Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Credit
H Social Sciences > HG Finance > Debts and Receivables
H Social Sciences > HG Finance > Financial Management
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 24 Mar 2021 04:45
Last Modified: 24 Mar 2021 04:45
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item