Widjaya, Sherly (2019) Pengaruh Video Why Vegan [Not Graphic] Terhadap Minat Menjadi Vegan di Kalangan Jakarta Buddhist Center (Studi Eksperimental Pengaruh Video Why Vegan [Not Graphic] Terhadap Minat Menjadi Vegan di Kalangan Jakarta Buddhist Center) / Sherly Widjaya / 60150257 / Pembimbing : Rizal Yussac. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
1. COVER.docx - Accepted Version Download (62kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.docx - Accepted Version Download (12kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.docx - Accepted Version Download (23kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI, Tabel, Lampiran & Gambar.docx - Accepted Version Download (37kB) |
|
Text
6. BAB I.docx - Accepted Version Download (28kB) |
|
Text
7. BAB II.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
8. BAB III.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
9. BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
Text
10. BAB V.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (21kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN Hasil Perhitungan.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text
Originalitas.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
Abstract
Vegan merupakan suatu gaya hidup yang dimana seorang individu memilih tidak mengonsumsi produk yang mengandung atau berasal dari hewan. Sosialisasi tentang vegan dilakukan di media online, seperti Youtube. Terdapat sebuah video berjudul “Why Vegan [Not Graphic]” yang diunggah oleh The Vegan Activist berisi tentang mengapa manusia dianjurkan untuk menjadi vegan dan manfaat positif dari vegan. Penelitian ini tentang pengaruh video “Why Vegan [Not Graphic]” terhadap minat menjadi vegan di kalangan Jakarta Buddhist Center. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh video “Why Vegan [Not Graphic]” terhadap minat kognisi, minat afeksi, dan minat konasi menjadi vegan di kalangan Jakarta Buddhist Center. Teori yang digunakan adalah Teori Stimulus Respons yang menyatakan bahwa komunikasi sebagai proses aksi-reaksi yang sangat sederhana, dimana kata-kata verbal, isyarat non verbal, gambar, dan tindakan tertentu dapat merangsang orang lain untuk memberikan respons dengan cara tertentu. Peneliti menggunakan Teori Stimulus Respons untuk mengukur minat menjadi vegan yang dibagi menjadi minat kognisi, minat afeksi, dan minat konasi. Tiga unsur minat itulah yang akan menjadi tolak ukur dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel non-probabilitas dengan metode purposive sampling, karena dibutuhkan kriteria-kriteria tertentu dalam menentukan responden. Data penelitian diperoleh dari tes (kuesioner) yang diolah dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji statistik t. Hasil penelitian diketahui bahwa video “Why Vegan [Not Graphic]” memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat kognisi, minat afeksi, dan minat konasi di kelompok kontrol dan eksperimen. Minat afeksi di kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata yang paling besar dibanding dengan unsur minat lainnya. Hasil prettest antar kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan, begitu pula dengan hasil posttest antar kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Akan tetapi terdapat perbedaan minat yang signifikan antara pretest dengan posttest di masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh video “Why Vegan? [Not Graphic]” terhadap minat kognisi, minat afeksi, dan minat konasi menjadi vegan di kalangan Jakarta Buddhist Center. Penelitian ini juga memiliki saran bagi aktivis atau organisasi vegan, yaitu kampanye vegan dapat dilakukan dengan menggabungkan penjelasan lisan tentang vegan dan pemberian tayangan video agar dapat lebih efektif dalam menyebarluaskan pemahaman tentang veganisme kepada kelompok masyarakat tertentu.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen; Media Sosial; Konten Video |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 04:29 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 04:29 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/153 |
Actions (login required)
View Item |