Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web (Studi Kasus : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie) / Andanawira / 40160237 / Pembimbing: Humdiana

Andanawira, Andanawira (2021) Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web (Studi Kasus : Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie) / Andanawira / 40160237 / Pembimbing: Humdiana. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2 Landasan Teori)
bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3 Analisis Sistem Yang Berjalan)
bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Perancangan Sistem Yang Diusulkan)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpuln dan Saran)
bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
Original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hampir semua transaksi/layanan yang dilakukan oleh sebuah lembaga, organisasi, atau perusahaan tentunya dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen sehingga tercipta kepuasan konsumen, rasa tenang, nyaman, dan pada akhirnya mencapai kepercayaan di mana di dapatkannya konsumen yang setia. Untuk itu, diperlukan sebuah cara untuk mendapatkan informasi dari kepuasan konsumen tersebut. Salah satunya adalah menggunakan sistem survei kepuasan pelanggan, di mana sistem tersebut memudahkan pihak manajemen sebuah organisasi dalam memperoleh informasi terkait kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan, sarana, dan prasarana dari organisasi tersebut. BAAK yang terletak di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie sudah memiliki survei kepuasan sendiri, namun masih berbentuk konvensional di mana pengumpulan data survei masih menggunakan cetakan kertas hingga proses rekapitulasi survei tersebut masih manual. Tampilan sistem survei ini dirancang dengan mengikuti delapan aturan emas dalam merancang sebuah antar muka untuk memastikan sistem ini mudah digunakan oleh pengguna. Peneliti melakukan studi terhadap tiga penelitian terdahulu untuk mempelajari bagaimana cara merancang sistem survei. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan perangkat lunak waterfall, di mana setiap tahap dari metode pengembangan ini dilakukan secara berurutan dan harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum dilanjutkan pada tahap berikutnya. Oleh karena itu, pengembangan perangkat lunak ini terstruktur dengan rapi sehingga mudah dikelola dan dipantau setiap tahapnya. Pengumpulan data untuk pengembangan sistem ini dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara terhadap pihak terkait. Sistem ini dirancang dengan terlebih dahulu mendesain arsitektur sistem, dan dilanjutkan dengan membuat use case dan activity diagram untuk menggambarkan cara kerja sistem secara lebih mendetail. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan basis data dan perancangan antar muka sistem. Dengan dibuatnya sistem survei kepuasan pelanggan berbasis web ini, pihak manajemen kampus akan lebih mudah memperoleh informasi terkait kepuasan mahasiswa dalam menggunakan layanan kampus karena pihak manajemen dapat mengakses hasil survei dari semua divisi secara langsung melalui sistem ini dan hasil survei tersebut sudah direkapitulasi oleh sistem. Selain itu, survei yang dibuat dapat menjangkau lebih banyak responden karena akses menjawab survei yang lebih mudah melalui link website atau memindai QR code. Kata Kunci: Sistem Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web, Memindai QR Code, Survei Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Manajemen-Sistem Informasi; Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
W Computer Science > Information Systems
W Computer Science > Web Based
W Computer Science > Database Management
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:50
Last Modified: 14 Jun 2021 08:00
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item