RENCANA BISNIS PENDIRIAN USAHA RUMAH ES TEMPO DOELOE DI KELAPA GADING, JAKARTA UTARA / Cindy Aprilia Maria Lumintang / 79130522 / Pembimbing: Muhammad Fuad

Lumintang, Cindy Aprilia Maria (2017) RENCANA BISNIS PENDIRIAN USAHA RUMAH ES TEMPO DOELOE DI KELAPA GADING, JAKARTA UTARA / Cindy Aprilia Maria Lumintang / 79130522 / Pembimbing: Muhammad Fuad. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
Awal.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (761kB)
[img] Text (BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text (BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text (BAB VII RENCANA KEUANGAN)
BAB 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA)
BAB 8.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text (BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF)
BAB 9.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (893kB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)

Abstract

R’ETE adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang khusus menjual menu makanan dessert dengan konsep kan dessert nusantara dengan perpaduan cita rasa modern. Selain itu, R’ETE memiliki suatu konsep bisnis lainnya yaitu mendesain cafe yang bernuansa jaman dulu namun dengan fasilitas modern. Visi R’ETE adalah Menjadikan R’ETE sebagai Indonesian Cafe yang bernuansa tradisional dengan kualitas produk dan layanan terbaik, dengan misi memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, Terus berinovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan nuansa jaman dulu, Menciptakan suasana cafe yang nyaman dan menarik, Meningkatkan kecintaan akan cita rasa kuliner tradisional agar tidak mudah dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Tujuan usaha R’ETE adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan produk atau menu-menu yang berkualitas, memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, mengedukasi pegawai R’ETE agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, dan meningkatkan kualitas kuliner dalam Negeri. Jenis kuliner yang ditawarkan adalah makanan pemanis (dessert) nusantara yang telah popular pada jaman dulu atau seperti bermacam-macam es serta ada tambahan cemilan. Meskipun produk yang ditawarkan adalah es nusantara yang dikatakan tradisional namun pemilik bisnis melakukan inovasi produk, es yang menjadi menu utama menggunakan bahan dasar es yang diserut namun pemilik bisnis melakukan kombinasi dengan memberikan ice cream dengan berbagai pilihan rasa. Analisis Competitive Profile Matrix R’ETE memperoleh poin sebesar 3,51, sedangkan untuk Es Teler 77 memperoleh poin sebesar 3,33 ( di bawah R’ETE) Es Pisang Ijo Pemuda memperoleh poin sebesar 2,64 (di bawah R’ETE dan Es Teler 77 ). R’ETE memiliki kekuatan dibanding pesaing yaitu Kualitas Pelayanan, Cita Rasa, Desain Ruangan, Promosi dan Kebersihan. Sedangkan kelamahan dari R’ETE adalah merek yang belum dikenal oleh para konsumen dan harga yang cukup tinggi. Strategi Pemasaran R’ETE adalah Sales Promotion dengan memberikan harga promo selama 1 bulan setiap tahunnya dengan syarat terdaftar sebagai pelajar dengan membawa kartu pelajar, Public Relation dengan menggunakan cara promosi dari mulut ke mulut dimana pada tahap awal promosi pemilik usaha memperkenalkan R’ETE kepada orang-orang terdekat seperti saudara dan teman- teman, sehingga promosi akan berantai ke orang lain yang, Direct marketing yaitu memaksimalkan fasilitas teknologi yaitu penggunaan internet dan media sosial dimana internet dan media sosial sebagai sumber informasi yang efektif dan efisien. Analisis keuangan yang dilakukan yaitu nilai BEP, net present value ( NPV ), internal rate of return ( IRR ), dan payback period ( PP ). Hasilnya diperoleh bahwa pada BEP nilai Penjualan lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan, untuk NPV didapat yaitu Rp. 391.651.834, untuk IRR sendiri diperoleh nilai sebesar 32,95 % lebih besar dari tingkat bunga yang telah ditetapkan sebesar 11,36%, sedangkan untuk Payback Period diperoleh 2 tahun 11 bulan 5 hari dengan batas maksimal 5 tahun. Kesimpulan dari analisis kelayakan keuangan ini adalah bisnis R’ETE layak untuk dijalankan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Kuliner
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur
H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management)
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:56
Last Modified: 14 Sep 2021 02:56
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item