Rencana Bisnis Pendirian Restoran Bakmi Bakmi Lioe Di Ruko Galaxy City Bekasi Barat / David / 29120401 / Pembimbing: Bernadine

David, David (2016) Rencana Bisnis Pendirian Restoran Bakmi Bakmi Lioe Di Ruko Galaxy City Bekasi Barat / David / 29120401 / Pembimbing: Bernadine. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version

Download (856kB)
[img] Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version

Download (749kB)
[img] Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version

Download (949kB)
[img] Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIFREKOMENDASI.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (982kB)

Abstract

Bakmi Lioe merupakan sebuah bisnis kuliner dalam bentuk restoran yang menyediakan minuman dan makanan yang berbahan baku utama mie. Berbeda dengan restoran bakmi lain yang sudah ada, produk yang dijual Bakmi Lioe menawarkan dua jenis bakmi andalannya yaitu bakmi family dan bakmi combo. Bakmi family merupakan bakmi untuk porsi 4 orang yang memang diperuntukkan untuk keluarga, acara ulang tahun atau acara lainnya yang membutuhkan porsi besar. Sedangkan bakmi combo merupakan bakmi dengan 3 paket pilihan, yaitu paket double 1 terdiri, paket double 2 dan paket combo. Yang membuat berbeda adalah penyajian produk sehat yang memperhatikan kesehatan konsumen. Bakmi lioe menyediakan produk mie yang berbahan tepung dan tidak menggunakan zat pewarna makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bahan baku tambahan berupa buah-buahan serta sayur-sayuran yang segar. Bakmi lioe juga menawarkan suasana restoran yang mengutamakan kenyamanan pelanggan dengan desain yang menarik. Desain yang menarik dan menimbulkan kesan sejuk dengan mengaplikasikan berbagai macam tanaman sebagai aksesoris pemanis. Restoran ini mengambil lokasi di kawasan Ruko Galaxy City Blok RGA No.3, Bekasi Barat. Segmentasi yang dimiliki oleh Restoran Bakmi Lioe diantaranya adalah berdasarkan faktor geografis, yaitu konsumen yang tinggal di Bekasi Barat. Untuk faktor demografis restoran bakmi lioe membagi pasar berdasarkan variabel usia dan pendapatan. Berdasarkan usia bakmi lioe ditujukan untuk usia berkisar antara 11-64 tahun. Sedangkan berdasarkan pendapatan bakmi lioe berfokus kepada konsumen dengan penghasilan yang diperoleh dari orang tuanya dikarenakan belum bekerja dan penghasilan yang diperoleh dari gaji ditempat konsumen bekerja. Untuk faktor psikografis, bakmi lioe mengelompokkan konsumen berdasarkan kelas sosial menengah dan menengah atas. Berdasarkan kepribadian, bakmi lioe memiliki segmen konsumen yang senang menghabiskan waktu luangnya untuk berkumpul di luar rumah, dan mengikuti trend terkini yang berkembang di lingkungan sekitar. Proforma laporan income statement menunjukkan penjualan dan laba yang terus meningkat dalam kurun waktu lima tahun. Pada laporan proyeksi arus kas, dijelaskan mengenai kas masuk dan kas yang dikeluarkan, arus kas akhir selalu menunjukkan angka positif selama lima tahun. Penjualan perhari yang dapat diperoleh adalah Rp 3.219.361,00 dengan pemasukan paling besar berasal dari menu bakmi biasa yang ditawarkan bakmi lioe. Penjualan perbulan Rp 96.580.830,00. Penjualan diharapkan meningkat 10% setiap tahunnya. Untuk memaksimalkan penjualan, konsumen diberikan potongan penjualan sebagai bentuk promo. Potongan penjualan ini akan diambil dari total penjualan bakmi secara keseluruhan per tahun. Pendirian usaha Restoran Bakmi Lioe membutuhkan dana awal sebesar Rp 700.000.000,00 dengan menggunakan 100% modal sendiri. Dana tersebut dialokasikan untuk kebutuhan dana kas Rp 67.125.300,00, biaya pembelian bahan baku Rp371.237.900,00, biaya pembelian peralatan restoran Rp 103.098.000,00, biaya pembelian peralatan dapur Rp 29.338.000,00, biaya pembelian perlengkapan Rp13.600.800,00, biaya sewa bangunan Rp 70.000.000,00, biaya renovasi Rp30.000.000,00, biaya perizinan usaha Rp 10.000.000,00, biaya logo & neon box Rp3.200.000,00, serta biaya pembuatan web Rp 2.400.000,00. Proyeksi laporan keuangan dilakukan untuk mengukur penilaian kinerja perusahaan. penilaian kelayakan bisnis menggunakan beberapa metode penilaian investasi. Hasil analisa kelayakan membuktikan bahwa investasi Restoran Bakmi Lioe layak untuk dijalankan terbukti dengan NPV positif sebesar Rp 454.184.166,00. Penilaian investasi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dilakukan dengan menghitung Profitability Index yaitu sebesar 1,65 dengan kesimpulan layak untuk dijalankan karena nilainya lebih dari satu (PI>1) dengan Payback Period dalam kurun waktu 2 tahun, 9 bulan, 8 hari. Analisis Internal Rate of Return (IRR) adalah sebesar 29,72% lebih dari 10% (weight average of capital) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia ditambah dengan inflasi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Kuliner
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management)
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:11
Last Modified: 10 Dec 2021 07:11
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item