Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Relevansi Nilai Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2016 - 2018 / Vivie Liana Halim / 36170154 / Pembimbing : Rizka Indri Arfianti

Halim, Vivie Liana (2021) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Relevansi Nilai Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2016 - 2018 / Vivie Liana Halim / 36170154 / Pembimbing : Rizka Indri Arfianti. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
bab 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text (Resume)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan yang dipublikasikan harus menggambarkan kondisi perusahaan yang sebenarnya, sehingga informasi yang terdapay dalam laporan keuangan dapat bermandaat bagi pengguna. Informasi yang mempunyai manfaat bagi pengambilan keputusan haruslah memiliki kualitas relevansi dan reliabilitas. Kinerja suatu perusahaan tercermin dalam laba, laba merupakan informasi dalam laporan keuangan yang sering digunakan oleh investor dalam penilain perusahaan. Ketika informasi laba dapat digunakan sebagai pengukur dalam menangkap atau merangkum seluruh peristiwa ekonomi yang berpengaruh terhadap harga saham atau nilai perusahaan, maka laba tersebut dipandang memiliki relevansi nilai. Relevansi nilai laba akuntansi dapat diukur dengan melihat besarnya hubungan antara laba dengan tingkat return saham perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persistensi laba, growth opportunities, leverage dan kualitas akrual terhadap relevansi nilai laba. Relevansi nilai dapat diartikan dengan kemampuan informasi untuk membantu investor dalam membedakan beberapa pilihan keputusan untuk menentukan pilihan. Relevansi nilai laba akuntansi diukur dengan melihat besarnya hubungan laba dengan tingkat return dengan menggunakan earnings response coefficient. Teori – teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah agency theory yang membahas konflik kepentingan antara agent dan principal, stakeholder theory yang membahas manfaat yang diberikan oleh entitas kepada stakeholder-nya, dan market efficiency theory di mana suatu pasar sekuritas dikatakan efisien jika harga – harga sekuritas mencerminkan informasi yang tersedia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan program WarpPLS 7.0 untuk pengembangan, pengujian model, dan pengolahan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan tipe judgement sampling. Jumlah sampel penelitian ini adalah 71 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2016 – 2018, dengan data penelitian 213. Hasil uji penelitian ini menunjukkan bahwa model dapat melewati semua uji overall fit. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa persistensi laba memiliki sig. sebesar 0,181 dan leverage sig. 0,187, sehingga hipotesis satu dan tiga tidak terbukti. Sedangkan untuk growth opportunities dengan sig. 0,0005, kualitas akrual dengan sig. 0,0005, sehingga hipotesis kedua dan keempat terbukti. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa persistensi laba dan leverage tidak terbukti berpengaruh terhadap relevansi nilai laba . Namun, growth opportunities dan kualitas akrual terbukti berpengaruh positif terhadap relevansi nilai laba.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan; Saham; Laba
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HG Finance > Profits
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Sector Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance > Stock Exchanges
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:45
Last Modified: 16 Dec 2021 04:45
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item