Silviyana, Silviyana (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015 / Silviyana / 39130335 / Pembimbing: Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (681kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version Download (747kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version Download (756kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version Download (345kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (759kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
Originalitas.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
|
Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Corporate social responsibility adalah tindakan yang bertanggung jawab secara social dan agresivitas pajak merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab secara social. Dengan adanya corporate social responsibility dapat menguji ketaatan perusahaan dalam membayar pajak atau perusahaan melakukan agresivitas pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan tanggung jawab sosial serta variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini adalah intensitas modal, intensitas persediaan, dan ukuran perusahaan dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan effective tax rates. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori legitimasi dan teori stakeholders. Teori legitimasi didasarkan pada adanya fenomena kontak sosial antara sebuah organisasi dengan masyarakat, di mana diperlukan sebuah tujuan organisasi tersebut seharusnya sejalan dengan nilai-nilai yang ada didalam sebuah masyarakat. Teori stakeholder didasarkan pada adanya tanggung jawab sosial yang mengharuskan mereka untuk mempertimbangkan kepentingan semua pihak yang terkena dampak tindakan mereka. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian berdasarkan data yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2015 dengan obyek penelitian perusahaan sektor industri barang dan konsumsi sebanyak 69 sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak, artinya menunjukan bahwa semakin tinggi corporate social responsibility yang dilakukan oleh perusahaan maka semakin tinggi tindakan agresivitas pajak yang dilakukan oleh perusahaan. Sedangkan intensitas modal, intensitas persediaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pajak dan Perpajakan; Interaksi Sosial; Tanggung jawab sosial; Akuntansi-Aspek Lingkungan dan Sosial; Etika dan Kontribusi Perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Sector Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting H Social Sciences > HG Finance > Taxation |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 07:43 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 07:43 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2445 |
Actions (login required)
View Item |