Michelle, Michelle (2017) Gamification as a Service Berbasis PHP / Michelle / 56130093 / Pembimbing: Akhmad Budi. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (358kB) |
|
Text (Bab 2 Landasan Teori)
BAB 2.pdf - Published Version Download (711kB) |
|
Text (Bab 3 Gambaran Sistem Yang Berjalan)
BAB 3.pdf - Published Version Download (971kB) |
|
Text (Bab 4 Analisis dan Pembahasan)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB 5.pdf - Published Version Download (522kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (741kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
Originalitas.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
|
Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tidak adanya suatu layanan untuk meningkatkan rasa motivasi dan prestasi pekerja dalam bekerja di Perusahaan Koding Next. Penulis menerapkan konsep gamification pada layanan ini. Konseptualisasi pada gamification pada layanan ini menggunakan 9 unsur dari motivational affordance berupa nilai, papan peringkat, tingkatan, lencana, tujuan yang jelas, umpan balik, penghargaan, perkembangan, dan tantangan. Motivational affordance tersebut akan memberikan hasil dalam bentuk psikologi dan perilaku lanjutan. Penulis melakukan studi lapangan, melakukan wawancara kepada pengguna yang akan terlibat langsung dengan layanan gamification dan melakukan tinjauan pustaka terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang memiliki topik yang sama. Hasil temuan yang penulis dapatkan adalah konsep gamification dapat diterapkan dengan PHP berbentuk API sebagai layanannya. Data pada layanan ini dapat diakses oleh web maupun platform lainnya untuk menunjang konsep gamification. Melalui proses penelitian yang telah penulis jalankan dan proses pembuatan layanan yang telah berlangsung, penulis menyimpulkan bahwa layanan yang penulis hasilkan mampu menerapkan layanan gamification di Perusahaan Koding Next. Layanan tersebut dapat meningkatkan rasa motivasi dan prestasi pekerja.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Sistem; Komputer-Pemrograman |
Subjects: | W Computer Science > Computer Programming and Programs W Computer Science > Data Structures |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:24 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 07:24 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2585 |
Actions (login required)
View Item |