Faktor-Faktor yang mempengaruhi Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012 / Susan / 31100447 / Pembimbing : Yustina Triyani

Susan, Susan (2014) Faktor-Faktor yang mempengaruhi Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012 / Susan / 31100447 / Pembimbing : Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (992kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah Ukuran perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan dan Likuiditas mempunyai pengaruh positif terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Teori penelitian ini menggunakan teori keagenan yang menjelaskan suatu hubungan antara agent dengan prinsipal, teori stakeholders yang menjelaskan kelompok atau individu yang mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan dan teori legitimasi yang menjelaskan tindakan perusahaan dalam memperoleh legitimasi sekitarnya. Pengungkapan tanggung jawab sosial mengkomunikasikan pengaruh sosial lingkungan dari suatu organisasi untuk kepentingan masyarakat. Variabel independen penelitian terdiri dari ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan dan likuiditas. Objek penelitian adalah 35 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yang masing-masing terdiri dari 3 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Non-Probability Sampling, menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji pooling, statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ukuran perusahaan (SIZE) dengan nilai sig. t sebesar 0,001 dan koefisien beta-nya bertanda positif. (2) Profitabilitas (ROA), nilai sig. t sebesar 0,221 dan koefisien beta-nya bertanda negatif. (3) Leverage (DER), nilai sig. t sebesar 0,198 dan koefisien beta-nya bertanda negatif. (4) Pertumbuhan perusahaan (GROWTH), nilai sig. t sebesar 0,815 dan koefisien beta-nya bertanda negatif. (5) Likuiditas (CRT) nilai sig. t sebesar 0,363 dan koefisien beta-nya bertanda negatif. Kesimpulan : variabel ukuran perusahaan terbukti memiliki pengaruh positif terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan variabel profitabilitas, leverage, pertumbuhan perusahaan, dan likuiditas tidak cukup bukti berpengaruh terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responbility Disclosure (CSRD); Ukuran Perusahaan; Profitabilitas; Teori Keagenan; Leverage; Pertumbuhan Perusahaan; Likuiditas
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting - Information Systems
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:53
Last Modified: 13 Jul 2022 03:53
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3104

Actions (login required)

View Item View Item