Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Usahawan di Pasar Senen Jakarta Pusat / Hadrian Christian / 34170345 / Pembimbing: Prima Apriwenni

Christian, Hadrian (2021) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Usahawan di Pasar Senen Jakarta Pusat / Hadrian Christian / 34170345 / Pembimbing: Prima Apriwenni. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (696kB)

Abstract

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Salah satu penerimaan pajak berasal dari UMKM. Namun jumlah pelaku UMKM yang berkembang pesat tidak memastikan bahwa pelaku UMKM berkontribusi dengan baik dalam penerimaan pajak termasuk kepatuhannya melakukan kewajiban perpajakan.Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya sosialisasi perpajakan dan kesadaran wajib pajak. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah pengaruh dari sosialisasi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan WPOP Usahawan. Kepatuhan Wajib Pajak merupakan ketaatan Wajib Pajak dalam melaksanakan ketentuan perpajakan yang berlaku. Tingkat Kepatuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya Sosialisasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak. Sosialisasi Perpajakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Wajib Pajak sehingga Wajib pajak lebih memahami akan hak dan kewajiban perpajakan. Kesadaran wajib pajak adalah merupakan kondisi dimana wajib pajak mengerti dan memahami arti, fungsi maupun tujuan pembayaran pajak kepada negara. dengan kesadaran Wajib Pajak yang tinggi akan memberikan pengaruh dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang lebih baik lagi. Objek dalam penelitian ini adalah WPOP Usahawan yang memiliki peredaran bruto dibawah 4,8 M dalam setahun yang berlokasi di Pasar Senen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi komunikasi dengan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Sampel diambil dengan teknik Non-Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling dan didapatkan sampel sebanyak 80 responden. Data yang diperoleh akan diolah dan dilakukan pengujian dengan program SPSS 25, antara lain analisis deskriptif, Uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil pengaruh simultan (uji F) diperoleh hasil 0,026 yang berarti Sosialisasi Perpajakan (X1) dan Kesadaran Wajib Pajak (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Dan hasil uji parsial (uji t) diperoleh hasil 0,0905 untuk Sosialisasi Perpajakan (X1) dan 0,0125 untuk Kesadaran Wajib Pajak (X2). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah tidak terdapat cukup bukti bahwa Sosialisasi Perpajakan berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dan terdapat cukup bukti bahwa Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Perpajakan; Kesadaran Wajib Pajak; Kepatuhan Wajib Pajak; Wajib Pajak Orang Pribadi; Usahawan; UMKM
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:54
Last Modified: 14 Jul 2022 03:54
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item