Strategi Kreatif Dalam Program “Ekspedisi Bakti Untuk Negeri” di Metro TV / Nathan Jeremy / 66170396 / Pembimbing: Altobeli Lobodally

Jeremy, Nathan (2021) Strategi Kreatif Dalam Program “Ekspedisi Bakti Untuk Negeri” di Metro TV / Nathan Jeremy / 66170396 / Pembimbing: Altobeli Lobodally. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (970kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (642kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (757kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Strategi kreatif merupakan suatu kunci penting dalam keberhasilan sebuah program televisi. Strategi kreatif sendiri dapat dikatakan sebagai cara-cara yang dilakukan pembuat program mulai dari tahap perencanaan, kegiatan produksi, hingga evaluasi program, yang bertujuan untuk menarik perhatian penonton dan pengiklan. Sebuah program televisi akan berjalan sangat hambar jika tidak mempunyai ide atau hal yang menarik untuk dikemas. Maka dari itu pembuat program televisi dituntut harus dapat membuat strategi tersendiri dalam setiap proses kreatif yang dilakukannya untuk program televisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif yang diterapkan dalam program televisi “Ekspedisi Bakti Untuk Negeri” di Metro TV. Penelitian ini menggunakan model manajemen George R. Terry yaitu, Planning (Perencanaan) proses menyusun langkah – langkah secara sistematik dan dibuat secara teratur yang berguna untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, Organizing (Pengorganisasian) yaitu proses pembagian tugas kepada setiap sumber daya yang sesuai dengan kemampuan dan keahliannya masing – masing, Actuating (Pelaksanaan) proses menggerakan seluruh karyawan atau sumber daya manusia untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan utama, dan Controlling (Pengawasan) proses mengawasi segala kegiatan agar tertuju dan tetap searah dengan tujuan yang sudah ditentukan di awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah program “Ekspedisi Bakti Untuk Negeri” di Metro TV. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi non partisipan dan juga wawancara semi terstruktur kepada para informan yaitu para anggota tim produksi sebagai data primer, dan story line, script, production book sebagai data sekunder. Peneliti juga melakukan validasi data dengan teknik triangulasi sumber. Peneliti menemukan beberapa strategi kreatif yang digunakan dalam program “Ekspedisi Bakti Untuk Negeri” di Metro TV. Strategi kreatif yang digunakan seperti, mengangkat keberagaman di daerah ekspedisi, sektor pariwisata, bahkan konflik yang terjadi saat peliputan untuk menjadi sebuah cerita yang menarik. Lalu penggunaan teknik kreatif gimmick yang membuat liputan ekspedisi menjadi sebuah cerita dan berbentuk reality show. Melakukan penataan gambar secara cinematic dengan berbagai macam peralatan yang memadai. Lalu pada proses editing, menggunakan info grafis berupa maps dan 3D Animation yang membantu mendeskripsikan informasi yang tidak dapat di gambarkan atau di visualisasikan. Strategi kreatif yang dipergunakan dalam sebuah program atau tayangan akan sangat mempengaruhi tayangan tersebut nantinya akan terlihat seperti apa. Dalam program “Ekspedisi Bakti Untuk Negeri”, strategi kreatif yang dipergunakan mampu mengemas program dengan tujuan utamanya yaitu untuk mensosialisasikan usaha pemerintah dalam membangun sarana infrastruktur di daerah-daerah terpencil dengan hasil akhir yang menarik dan tidak begitu terlihat sebagai program yang melakukan hard selling mengenai tujuan utama program tersebut. Kata Kunci: kreatif, POAC, televisi, strategi

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif; tahap perencanaan; kegiatan produksi; evaluasi program; menarik perhatian; penonton dan pengiklan; Acara Televisi; Program “Ekspedisi Bakti Untuk Negeri”; Metro TV
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:18
Last Modified: 07 Sep 2022 07:18
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item