Rahadi, Aaron (2021) Pengaruh Capital Intensity, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019 / Aaron Rahadi / 38170286 / Pembimbing: Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (773kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (434kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (620kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (672kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (544kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Sektor pajak adalah pendapatan utama yang diterima oleh suatu negara. Bagi perusahaan pajak ialah beban yang mengurangi laba dari perusahaan tersebut dan bagi negara pajak merupakan pendapatan yang akan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan dan operasional pemerintahaan. Perbedaan kepentingan inilah yang menyebabkan perusahaan menjadi agresif terhadap pajak. Agresivitas pajak adalah tindakan yang diambil suatu perusahaan dengan tujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan beban pajak perusahaan dengan cara yang tergolong legal maupun ilegal. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengukur apakah agresivitas pajak dapat dipengaruhi oleh Capital Intensity, Profitabilitas, Ukuran Perusahan dan Leverage. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yang diperkirakan mempengaruhi agresivitas pajak. Variabel tersebut adalah capital imtensity, profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage. Diadakannya penelitian ini dikarenakan perbedaan hasil dari penelitian terdahulu. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori agensi, yaitu teori membahas hubungan antara pemilik dengan manajemen dimana terdapat konflik kepentingan antara kedua pihak tersebut yang ingin mensejahterakan diri masing-masing. Teori biaya politik dimana perusahaan meminimalisir biaya untuk meningkatkan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industry barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Non-Probability Sampling dan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji pooling data, uji stastistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regreasi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Jumlah perusahaan manufaktur sektor industry barang dan konsumsi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 21 sampel selama 3 tahun pengamatan sehingga diperoleh 63 data amatan. Hasil uji asumsi klasik dan uji pooling menunjukkan bahwa semua lolos uji. Hasil uji f diperoleh sig = 0.001 artinya model penelitian layak digunakan. Hasil uji t menunjukkan bahwa capital intensity memiliki sig = 0.902 dan beta = 0.006. Profitabilitas memiliki sig = 0.002 dan beta = -0.464, ukuran perusahaan memiliki sig = 0.002 dan beta = 0.012 dan leverage memiliki sig = 0.000 dan beta = -0.172. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa capital intensity tidak berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Profitabilitas dan leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Capital Intensity, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Capital Intensity; Profitabilitas; Ukuran Perusahaan; Leverage; Agresivitas Pajak; Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi; Bursa Efek Indonesia; Periode 2017-2019 |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 06:48 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 06:48 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3620 |
Actions (login required)
View Item |