Soewardi, Elisa Caroline (2014) Pengaruh Investasi terhadap Value of Firm yang dimediasi oleh Leverage dan Agency Cost pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2010-2012 / Elisa Caroline Soewardi / 27100399 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (982kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
Bab II.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
Bab III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
Bab V.pdf - Published Version Download (606kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (677kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran I.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh investasi terhadap value of firm yang dimediasi oleh leverage dan agency cost. Dimana kesempatan investasi perusahaan difokuskan menggunakan sumber pembiayaan hutang dan pemanfaatan hutang untuk ’penghematan pajak’ dan sebagai ’kontrol manajemen’ untuk selanjutnya berpengaruh pada nilai perusahaan.Teori struktur modal yang mendasari antar hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah teori Signalling, teori Trade-off, dan teori keagenan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2012. Berdasarkan metode penelitian purposive sampling, diperoleh 28 perusahaan sebagai sampel penelitian atau 84 unit analisis. Teknik analisis data untuk menguji masing-masing variabel dan hipotesis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui software Smart PLS Versi 2.0 M3. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kesempatan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap leverage dan nilai perusahaan. Demikian pula dengan hubungan leverage yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu ditemukan cukup bukti bahwa leverage mampu mengurangi agency cost dengan hasil positif namun tidak signifikan. Agency cost berpengaruh negatif terhadap value of firm. Selain itu leverage dan agency cost tidak terbukti memediasi hubungan antara investasi dan nilai perusahaan, walaupun hasil menemukan bahwa leverage dan agency cost berperan memberikan tambahan pengaruh untuk memediasi hubungan antara investasi dan nilai perusahaan namun tidak signifkan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Investasi; leverage; agency cost; nilai perusahaan; Teori Signalling; Teori Trade-off; Teori Keagenan; Perusahaan Consumer Goods; Bursa Efek Indonesia; periode 2010-2012 |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Business Finance H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Corporation Finance H Social Sciences > HG Finance > Financial Report H Social Sciences > HG Finance > Profits |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 07:14 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 07:14 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3865 |
Actions (login required)
View Item |