Pengaruh Investasi terhadap Value of Firm yang dimediasi oleh Leverage dan Agency Cost pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2010-2012 / Elisa Caroline Soewardi / 27100399 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto

Soewardi, Elisa Caroline (2014) Pengaruh Investasi terhadap Value of Firm yang dimediasi oleh Leverage dan Agency Cost pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2010-2012 / Elisa Caroline Soewardi / 27100399 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (982kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
Bab II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
Bab III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
Bab V.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (677kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh investasi terhadap value of firm yang dimediasi oleh leverage dan agency cost. Dimana kesempatan investasi perusahaan difokuskan menggunakan sumber pembiayaan hutang dan pemanfaatan hutang untuk ’penghematan pajak’ dan sebagai ’kontrol manajemen’ untuk selanjutnya berpengaruh pada nilai perusahaan.Teori struktur modal yang mendasari antar hubungan antar variabel dalam penelitian ini adalah teori Signalling, teori Trade-off, dan teori keagenan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2012. Berdasarkan metode penelitian purposive sampling, diperoleh 28 perusahaan sebagai sampel penelitian atau 84 unit analisis. Teknik analisis data untuk menguji masing-masing variabel dan hipotesis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) melalui software Smart PLS Versi 2.0 M3. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kesempatan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap leverage dan nilai perusahaan. Demikian pula dengan hubungan leverage yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Selain itu ditemukan cukup bukti bahwa leverage mampu mengurangi agency cost dengan hasil positif namun tidak signifikan. Agency cost berpengaruh negatif terhadap value of firm. Selain itu leverage dan agency cost tidak terbukti memediasi hubungan antara investasi dan nilai perusahaan, walaupun hasil menemukan bahwa leverage dan agency cost berperan memberikan tambahan pengaruh untuk memediasi hubungan antara investasi dan nilai perusahaan namun tidak signifkan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Investasi; leverage; agency cost; nilai perusahaan; Teori Signalling; Teori Trade-off; Teori Keagenan; Perusahaan Consumer Goods; Bursa Efek Indonesia; periode 2010-2012
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Business Finance
H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Corporation Finance
H Social Sciences > HG Finance > Financial Report
H Social Sciences > HG Finance > Profits
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 31 Mar 2023 07:14
Last Modified: 31 Mar 2023 07:14
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item