Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020) / Patricia Jeanne Marie Melany / 34180158 / Pembimbing : Yustina Triyani

Melany, Patricia Jeanne Marie (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020) / Patricia Jeanne Marie Melany / 34180158 / Pembimbing : Yustina Triyani. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin lama semakin ketat mendorong setiap perusahaan untuk terus berusaha meningkatkan kinerjanya agar dapat meningkatkan nilai perusahaannya dihadapan publik dan pihak-pihak terkait. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap keberhasilan perusahaan yang umumnya dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan akan memberikan kemakmuran yang maksimal bagi para pemegang saham apabila harga saham perusahaan meningkat. Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan bagi investor dalam pengambilan keputusan investasi karena dapat mencerminkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini didasari oleh teori sinyal yang menyatakan bahwa perusahaan seharusnya memberikan sinyal kepada para pemegang saham melalui laporan keuangan untuk mengurangi asimetri informasi. Teori keagenan juga melandasi penelitian ini karena terdapat hubungan antara agen dan prinsipal, dan teori ini digunakan untuk menjelaskan adanya masalah keagenan yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan dan asimetri informasi antara agen dan prinsipal. Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling method, dan diperoleh 35 perusahaan sampel. Periode penelitian ini adalah 3 tahun, sehingga diperoleh 105 data amatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kesamaan koefisien, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa data telah memenuhi uji kesamaan koefisien dan uji asumsi klasik. Hasil uji F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa model regresi layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig sebesar 0,121, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig sebesar 0,484. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig sebesar 0,000 dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai sig sebesar 0,005. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat cukup bukti bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, tidak terdapat cukup bukti bahwa leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, terdapat cukup bukti bahwa profitabilitas dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan; Ukuran Perusahaan; Leverage; Profitabilitas; Kepemilikan Manajerial; Persaingan Bisnis; Harga Saham; Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer; Bursa Efek Indonesia; Periode 2018-2020
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Performance Audit
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:25
Last Modified: 20 Jan 2023 07:25
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item