Peranan Profitabilitas dalam Memediasi Hubungan antara Kebijakan Utang dan Nilai Perusahaan pada Sektor Barang Konsumen Primer dan Kesehatan yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2020 / Andrew Octavious Sanjaya / 28180125 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto

Sanjaya, Andrew Octavious (2022) Peranan Profitabilitas dalam Memediasi Hubungan antara Kebijakan Utang dan Nilai Perusahaan pada Sektor Barang Konsumen Primer dan Kesehatan yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2020 / Andrew Octavious Sanjaya / 28180125 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (658kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (822kB)

Abstract

Kebijakan utang merupakan suatu kebijakan yang dilakukan oleh manajer untuk mendanai kebutuhan investasi perusahaan. Pada saat ini masih ditemukan hubungan yang tidak konsisten antara kebijakan utang dengan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan profitabilitas dalam memediasi pengaruh dari kebijakan utang terhadap nilai perusahaan. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori agensi dan teori MM. Teori keagenan menyatakan bahwa melalui kebijakan utang perusahaan dapat mengurangi masalah agensi sehingga dapat meningkatkan nilai perusahan, dan teori MM dengan pajak menyatakan bahwa melalui kebijakan utang perusahaan memperoleh penghematan pajak sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan pada sektor barang konsumen primer dan kesehatan yang terdaftar di BEI Periode 2019-2020, dengan total sampel akhir 56 perusahaan atau 112 unit analisis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan cara memilih sampel tertentu yang memenuhi kriteria. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistika deskriptif, uji pooling data, uji asumsi klasik, Uji F, Uji koefisien determinasi R2, Uji t, dan Path Analysis dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 20. Dalam penelitian ini hasil uji model (uji pooling data, uji asumsi klasik, dan Uji F, Uji koefisien determinasi R2) menyatakan bahwa model penelitian ini signifikan namun memiliki model yang lemah. Uji hipotesis (Uji t dan Path Analysis) menggunakan tingkat signifikansi 15%. Penelitian ini menemukan bahwa kebijakan utang berpengaruh secara negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan utang berpengaruh secara negatif signifikan terhadap profitabilitas, profitabilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas dapat memediasi hubungan antara kebijakan utang terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Utang; Profitabilitas; Nilai Perusahaan; Investasi perusahaan; teori agensi; teori MM; penghematan pajak; Sektor Barang Konsumen Primer dan Kesehatan; Bursa Efek Indonesia; Periode 2019-2020
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Business Finance
H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Corporation Finance
H Social Sciences > HG Finance > Debts and Receivables
H Social Sciences > HG Finance > Profits
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:35
Last Modified: 21 Dec 2022 07:35
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item