Cung, Michelle (2023) Faktor–Faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan: Studi Meta Analisis / Michelle Cung / 32199072 / Pembimbing: Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (516kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (590kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (597kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (430kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (515kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Salah satu faktor yang membuat sektor industri mengalami peningkatan adalah adanya peningkatan harga saham yang signifikan terhadap nilai buku perusahaan atau dapat disebut juga dengan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis factor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Faktor-fator tersebut adalah Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Struktur Modal. Penelitian ini menghasilkan data search sebanyak 113 dari article found dari software PoP dan menghasilkan 24 selected article yang sesuai dengan kriteria penelitian. Sehingga untuk mengetahui pengaruh atas variabel Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Struktur Modal dengan menggunakan metode penelitian studi meta analisis. Atas selected article yang diamati, menghasilkan data berupa 10 artikel atas variabel Leverage dimana 3 diataranya tidak sig sebesar 30%, 20 artikel profitabilitas dimana 2 artikel diantaranya tidak sig sebesar 10% , 17 artikel ukuran perusahaan dimana 8 artikel diantaranya tidak sig sebesar 46%, 11 artikel likuiditas dimana 5 artikel diantaranya tidak sig sebesar 45%, dan 11 artikel struktur modal dengan 4 artikel tidak sig sebesar 36%. Penelitian ini menggunakan landasan teori sinyal, agensi, dan pecking order. Teori ini menggambarkan jika sinyal dapat digunakan oleh dua pihak yaitu sumber dan penerima informasi, dan agent memiliki keunggulan dengan memiliki wewenang penuh atas operasi dan pengambilan keputusan serta pecking order mengenai urutan prioritas manager dalam mencari sumber pendanaan perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah Jurnal yang berasal dari Publish or Perish (PoP) dengan topik pada Nilai Perusahaan, dengan periode publikasi jurnal antara 2012 – 2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilan 24 sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil melalui Teknik observasi yang terdiri dari hasil statistik dari jurnal. Untuk mengintegrasi hasil penelitian jurnal dan mengetahui pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan, peneliti menggunakan Teknik meta analisis untuk melakukan pengujian. Berdasarkan sampel yang telah dipilih, korelasi yang didapatkan sebanyak 69 korelasi yang terdiri dari 10 korelasi leverage, 20 korelasi profitabilitas, 17 korelasi ukuran perusahaan, 11 korelasi likuiditas, dan 11 korelasi struktur modal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil integrasi dari beberapa studi meta analisis menunjukkan bahwa rasio solvabilitas, profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, dan struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa bahwa variabel rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, ukuran perusahaan, rasio likuiditas, dan struktur modal berpengaruh terhadap perusahaan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta Analisis; Nilai Perusahaan; Leverage; Profitabilitas; Ukuran Perusahaan; Likuiditas; Struktur Modal |
Subjects: | H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 04:50 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 04:50 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4802 |
Actions (login required)
View Item |