Faktor–Faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan: Studi Meta Analisis / Angelina Pavita / 36199009 / Pembimbing: Carmel Meiden

Pavita, Angelina (2023) Faktor–Faktor yang Berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan: Studi Meta Analisis / Angelina Pavita / 36199009 / Pembimbing: Carmel Meiden. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (718kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (590kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (797kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (954kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasi pengaruh dari kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan menjadi salah satu hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Apabila perusahaan memiliki penilaian yang tinggi, maka menunjukkan kinerja perusahaan yang baik dan tentunya akan membuat para pemegang saham semakin makmur. Nilai perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Atas 44 artikel sampel yang diamati, menghasilkan data sebagai berikut variabel kepemilikan manajerial terdiri dari 19 artikel dengan 10 artikel tidak sig (52,63%). Variabel kepemilikan institusional terdiri 17 artikel dengan 10 artikel tidak sig (58,82%). Variabel profitabilitas terdiri atas 22 artikel dengan 1 artikel tidak sig (4,55%). Pada variabel likuiditas terdiri atas 14 artikel dengan 9 artikel tidak sig (64,29%). Variabel leverage terdiri atas 18 artikel dengan 4 artikel tidak sig (20%). Dan pada variabel ukuran perusahaan terdiri atas 20 artikel dengan 12 artikel tidak sig (60%). Teori yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah teori keagenan dan teori sinyal. Kedua teori ini menjelaskan bagaimana seharusnya pihak principal dan pihak agent menyelaraskan kepentingannya sehingga dapat mencapai tujuan bersama dan bagaimana seharusnya perusahaan mampu memberikan informasi bagi pihak pengguna laporan keuangan. Dorongan perusahaan untuk memberikan informasi adalah karena terdapat asimetri informasi antara manajer perusahaan dan pihak luar perusahaan. Salah satu cara untuk mengurangi asimetri informasi adalah dengan memberikan sinyal pada pihak eksternal berupa informasi keuangan yang positif dan dapat dipercaya, sehingga dengan demikian pihak principal dan pihak agent juga dapat menyelaraskan kepentingannya demi mencapai keuntungan bersama. Apabila perusahaan gagal atau tidak dapat menyampaikan sinyal dengan baik mengenai nilai perusahaan maka nilai perusahaan akan mengalami ketidaksesuaian terhadap kedudukannya, dengan artian nilai perusahaan dapat berada diatas atau dibawah nilai sebenarnya. Penelitian ini dilakukan pada jurnal-jurnal umum yang terdaftar dan terakreditasi pada Science and Technology Index (SINTA) selama periode 2011 – 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik purposive sampling sehingga diperoleh 44 jurnal yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji meta analisis, sehingga penelitian ini mengintegrasikan hasil dari penelitian dengan topik serupa yang pernah dilakukan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, likuiditas memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, leverage memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan; Kepemilikan Manajerial; Kepemilikan Institusional; Profitabilitas; Likuiditas; Leverage; Ukuran Perusahaan; Meta Analisis; Science and Technology Index (SINTA); selama periode 2011 – 2022
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Managerial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Public Accountability
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:58
Last Modified: 13 Jun 2023 03:58
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item