Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Reputasi Kantor Akuntan Publik sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019–2021/ Khe Sia / 38199010 / Pembimbing: Sugi Surhartono

Sia, Khe (2023) Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Reputasi Kantor Akuntan Publik sebagai Pemoderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019–2021/ Khe Sia / 38199010 / Pembimbing: Sugi Surhartono. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (652kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (804kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan pandangan bagi investor mengenai tingkat keberhasilan suatu perusahaan dalam mengelola kegiatan operasionalnya yang mencerminkan harga saham yang bersedia dibayarkan oleh para investor. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan reputasi kantor akuntan publik sebagai pemoderasi pada perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019–2021. Penelitian ini didasarkan oleh teori agensi (agency theory) dan teori sinyal (signaling theory). Pada teori agensi, perusahaan diharuskan memberikan informasi dalam penyajian laporan keuangan yang menggambarkan kinerja keuangan suatu perusahaan sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen dan meminimalisir asimetri informasi antara pihak prinsipal dan agen. Berdasarkan teori sinyal, perusahaan memberikan sinyal dalam bentuk penyajian laporan keuangan kepada pihak investor, yang menjadi dasar penilaian dalam pengambilan keputusan investasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019–2021. Terdapat 128 perusahaan yang memenuhi kriteria dalam pengambilan sampel untuk dilakukan pengujian. Penelitian ini menggunakan program SPSS 26 untuk melakukan analisis data seperti analisis statistik deskriptif, uji kesamaan koefisien, uji asumsi klasik, moderated regression analysis (MRA), uji kelayakan model, signifikansi parameter individual dan koefisien determinasi. Hasil pengujian ini pada uji kesamaan koefisien dan uji asumsi klasik telah memenuhi kriteria dan dinyatakan lolos pengujian. Pada uji F (uji kelayakan model) menunjukkan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang menyatakan model penelitian fit atau layak digunakan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan variabel profitabilitas memperoleh nilai sig. sebesar 0,000, variabel leverage memperoleh nilai sig. sebesar 0,000, variabel likuiditas memperoleh nilai sig. sebesar 0,2975, variabel reputasi kantor akuntan publik dalam memperkuat pengaruh positif profitabilitas terhadap nilai perusahaan memperoleh nilai sig. sebesar 0,018, variabel reputasi kantor akuntan public dalam memperlemah pengaruh negatif leverage terhadap nilai perusahaan memperoleh nilai sig. sebesar 0,005 dan variabel reputasi kantor akuntan publik dalam memperkuat pengaruh positif likuiditas terhadap nilai perusahaan memperoleh nilai sig. sebesar 0,068. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, reputasi kantor akuntan publik mampu memperkuat pengaruh positif profitabilitas terhadap nilai perusahaan, reputasi kantor akuntan publik mampu memperkuat pengaruh negative leverage terhadap nilai perusahaan dan reputasi kantor akuntan publik tidak mampu memperkuat pengaruh positif likuiditas terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Leverage; Likuiditas; Reputasi Kantor Akuntan Publik; Nilai Perusahaan; Tingkat Keberhasilan; moderated regression analysis (MRA); Perusahaan Manufaktur; Bursa Efek Indonesia; Periode 2019–2021
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Auditing
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Proffesional Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Performance Audit
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:36
Last Modified: 13 Jun 2023 03:36
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4807

Actions (login required)

View Item View Item