Achmad, Ramadan Pratama (2023) Pengaruh Terpaan Iklan Sasa We are MSG terhadap Kesadaran Merek Dikalangan Penggemar Kpop / Ramadan Pratama Achmad / 62190455 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (543kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (332kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (546kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (271kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (165kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (773kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (494kB) |
Abstract
Dunia kuliner sering dikaitkan dengan aktivitas memasak hingga bumbu makanan. Image MSG sebagai bumbu makanan sering dikaitkan dengan pengaruh buruk pada kesehatan dan kecerdasan seseorang. Sasa sebagai salah satu produsen MSG terkemuka di Indonesia pernah beriklan dengan judul “Welcome Back Micin Swag Generation” dengan bergabung dengan agensi muda Finch untuk mengatasi konotasi negatif yang muncul pada masyarakat. Penelitian ini meneliti hubungan antara iklan yang dilakukan pihak Sasa terhadap perubahan brand image negatif produk MSG. Pendekatan Advertising Exposure merupakan suatu pendekatan dalam rangka pengenalan proses kognisi dalam iklan lewat pemrosesan pesan-pesan, pembentukan persepsi terhadap merek, dan akhirnya mengarah pada minat. Ketika seseorang terkena terpaan iklan akan menimbulkan reaksi tertentu yang membentuk pemaknaan menjadi sebuah pemikiran dan penilaian yang selanjutnya dapat menggerakkan konsumen untuk membeli produk. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan kuisioner. Kuisioner disebarkan kepada 170 responden anggota grup penggemar Kpop dengan teknik random sampling yaitu simple random sampling, objek penelitian ini adalah terpaan iklan yang dilakukan oleh Sasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan komputer menggunakan program SPSS (Statistical Program For Social Science) versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat terpaan iklan Sasa berpengaruh positif sehingga timbul korelasi yang berbanding lurus antara kedua variabel tetapi pengaruh berada pada tingkatan sedang sebesar 31,9% terhadap perubahan kesadaran merek produk MSG Sasa dengan nilai koefisien sebesar 0,565. Dapat dikatakan bahwa pesan iklan sasa “We are MSG” dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, dengan hal itu maka semakin baik pesan iklan tersebut, maka akan semakin besar juga pengaruh seseorang untuk memahami dan memiliki kesadaran merek terhadap produk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terpaan iklan Sasa “We are MSG” berpengaruh signifikan positif terhadap kesadaran merek dari angggota grup fans Kpop. Dimana dari beberapa factor yaitu frekuensi, durasi dan intensitas ketiga dimensi ini membuktikan bahwa adanya pengaruh yang signikan terhadap kesadaran merek dari produk Sasa sehingga Terpaan Iklan menjadi sangat penting untuk dapat merubah persepsi dan pandangan dari yang melihatnya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Terpaan Iklan; Kesadaran Merek; MSG; Sasa; We are MSG |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:03 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4985 |
Actions (login required)
View Item |