Pengaruh Tax Planning, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan-Perusahaan Sektor Customer Non-Cyclical yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2019-2021 / Chrestella Agatha / 35190151 / Pembimbing: Sugi Suhartono

Agatha, Chrestella (2023) Pengaruh Tax Planning, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan-Perusahaan Sektor Customer Non-Cyclical yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2019-2021 / Chrestella Agatha / 35190151 / Pembimbing: Sugi Suhartono. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (649kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama dari didirikan perusahaan salah satunya ialah untuk memaksimalkan kekayaan yang dimiliki pemilik perusahaan atau pemegang saham. Sehingga untuk meningkatkan nilai perusahaan di mata investor, perusahaan harus meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur apakah nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh Tax planning (TP), Leverage (LEV), Profitabilitas (PROF), dan Ukuran Perusahaan (UKP). Penelitian ini didasari oleh teori agensi dan teori sinyal. Teori agensi menjelaskan adanya perbedaan kepentingan informasi antara agen dan juga prinsipal. Sedangkan teori sinyal menjelaskan dengan memberikan informasi baik dan buruk kepada investor. Hipotesis yang ada di dalam penelitian ini ada 4, TP berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, LEV berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, PROF berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan UKP berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian ini terdiri dari 27 perusahaan sektor consumer non-cylicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 – 2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang akan digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji pooling, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil uji F pada model persamaan menunjukkan bahwa Sig. 0,000.Hal ini menunjukkan bahwa model layak digunakan. Lalu, pada uji t didapatkan masing-masing Sig untuk variabel adalah TP = 0,413 koefisien regresi sebesar 0, 918, LEV = 0,006 koefisien regresi sebesar 0,964, PROF = 0,000 koefisien regresi sebesar 17,296, dan UKP = 0,057 koefisien regresi sebesar - 0,171. Sedangkan koefisien determinasi (R2 ) didapatkan persentase sebesar 19,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat cukup bukti terbukti bahwa Leverage dan Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sedangkan tidak terdapat cukup bukti bahwa Tax planning dan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan; Tax Planning; Leverage; Profitabilitas; Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HH Accounting (General) > Cost Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Financial Accounting
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Tax Accounting
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:58
Last Modified: 09 Jan 2025 03:58
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5206

Actions (login required)

View Item View Item