Elim, Yeremia (2024) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Restoran Ramen Merek Kyushou Ramen Bar / Yeremia Elim / 76190008 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (805kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (355kB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (775kB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (788kB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (552kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (602kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (475kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Perencanaan bisnis ini adalah mengenai restoran ramen, sebagai bagian dari salah satu minat usaha yang ingin dijalankan. Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, Pertumbuhan usaha bisnis kuliner di Indonesia sangatlah pesat terutama di daerah perkotaan. Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang paling populer di Indonesia. Ide bisnis ini berawal dari penulis yang menyukai kuliner Jepang terutama ramen dan ingin mencobai kuliner Jepang dengan pengalaman yang autentik. Penulis juga membuat analisis pesaing dengan menggunakan Analisis PESTEL, Lima Kekuatan Persaingan Model Porter, Analisis Faktor-Faktor Kunci Sukses, dan Analisis Eksternal & Internal dengan Analisis SWOT. Perencanaan bisnis ini dibuat untuk mengetahui proyeksi persaingan dalam industri makanan dan minuman, Kyushou Ramen Bar percaya dengan segmentasi pasar, strategi pemasaran, strategi promosi, dan diferensiasi yang dimiliki maka dapat bersaing dengan para pesaing-pesaing yang ada. Nama usaha Kyushou Ramen Bar, berasal dari kata “Kyuushou”. Logo Kyushou Ramen Bar memiliki latar belakang putih dan mempunyai gambar semangkuk ramen disertai tulisan “Kyushou” yang memiliki berbagai macam makna dalam Bahasa Jepang. Kyushou Ramen Bar menjual Ramen, makanan pendamping, dan minuman. Target pasar Kyushou Ramen Bar adalah semua kalangan tanpa membatasi ras, agama, ataupun tingkat Pendidikan. Restoran Kyushou Ramen Bar terletak di Sedayu City, Jakarta Utara. Penulis juga melakukan rencana produksi dan kebutuhan operasional. Dengan adanya deskripsi rencana produksi, dapat mengetahui survei pasar hingga pembukaan usaha. Tidak lupa juga rencana alur produk, untuk dapat mengetahui proses produksi hingga penjualan. Selain itu, terdapat juga rencana organisasi dan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan akan tenaga kerja pada Kyushou Ramen Bar. Terdiri dari 1 manajer, 3 staf operasional, dan 1 staf produksi. Dengan demikian, total tenaga kerja dari Kyushou Ramen Bar berjumlah 6 orang dengan masing-masing tugas dam tanggung jawab. Selain itu, perencanaan bisnis ini dibuat untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, segmentasi, dan menghitung nilai kelayakan bisnis Kyushou Ramen Bar. Dengan nilai Investasi awal sebesar Rp 401.140.756 Berdasarkan dari studi kelayakan, didapatkan payback period dapat dicapai dalam kurun waktu 2 tahun 11 bulan 28 hari, NPV juga lebih besar dari 0, yang berarti NPV positif. Hasil PI Kyushou Ramen Bar sebesar 1,64; lebih besar dari 1,0, yang berarti PI positif dan usaha layak untuk dijalankan. Penjualan Kyushou Ramen Bar setiap tahunnya lebih besar dari nilai BEP. Untuk itu dapat dikatakan bisnis layak untuk dijalani. Kyushou Ramen Bar diprediksi akan mengalami beberapa resiko dalam menjalankan usaha yang ada, yaitu: kesalahan dalam proses produksi dan operasional, kualitas dan kuantitas bahan baku yang tidak menentu, dan faktor kesalahan lainnya. Dengan beberapa hasil analisis dan perhitungan sesuai dengan pedoman yang ada dalam membangun suatu rencana bisnis, Kyushou Ramen Bar dianggap layak untuk dilaksanakan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rencana Bisnis; Restoran Ramen; Makanan Jepang; Restoran Ramen; Merek Kyushou Ramen Bar |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:17 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5221 |
Actions (login required)
View Item |