Pengaruh Tayangan Film Populer di Netflix terhadap Kebutuhan Hiburan di Kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Yohana / 63190034 / Pembimbing: Siti Meisyaroh

Yohana, Yohana (2024) Pengaruh Tayangan Film Populer di Netflix terhadap Kebutuhan Hiburan di Kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Yohana / 63190034 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (979kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Netflix merupakan sebuah layanan streaming berbasis langganan yang memungkinkan pelanggannya untuk menonton acara TV secara bebas kapanpun dan dimanapun, seiring dan semakin luasnya penggunaan streaming ini. As reed hastings dan Mac Randolph yang merupakan pengusaha aplikasi streaming Video on demand yaitu Netflix. Perkembangan Netflix dari tahun- ke tahun pelanggan Netflix sendiri semakin bertambah. Tak tanggungtanggung Netflix banyak mengalami perubahan dalam pembagian kategori film yang akan diminati pelanggan. Teori yang digunakan pada penelitian ini merupakan teori dasar yaitu teori Uses and Gratification oleh Dennis McQuail.Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada kurang lebih 95 responden. Adanya pun motif yang dapat mempengaruhi kebutuhan hiburan yaitu motif identitas pribadi dan motif hiburan terhadap kepuasan pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang berlandaskan positivistic (data konkrit) yang mempunyai arti data penelitian berdasarkan angka angka yang diukur menggunakan statistik yaitu Software IBM SPSS 27 dan mempunyai hasil berupa angka angka yang telah diteliti untuk memperoleh hasil kesimpulan. Berkaitan dengan masalah Filsafat Positivistic digunakan pada populasi atau sampel tertentu yang ada. Berdasarkan hasil olah data dalam penelitian yang menampilkan 95 responden Mahasiswa Institus Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie dapat diketahui bahwa dapat ditotalkan 69,5% dengan jenis kelamin Perempuan, dan 30,5% merupakan laki-laki yang merupakan Mahasiswa aktif tahun Angkatan 2021-2022. Dan dapat disimpulkan pada hasil yang dapat penulis ambil yaitu hasil uji validitas mengenai variabel Tayangan Film Populer memiliki nilai terbesar pada item X.14 yaitu 6.77 dengan keterangan Valid, dan pada variabel Kebutuhan Hiburan Y memiliki nilai terbesar di item Y.1 dengan nilai 0,838 dan dikatakan valid. Kesimpulan Dalam penelitian ini yaitu terdapat 95 responden Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie yang aktif menggunakan aplikasi Netflix sebagai media hiburan. Serta mengetahui kemajuan teknologi dalam media baru yaitu streaming .Terdapat 29 responden Laki-Laki dan 66 responden Perempuan. Adapun hal yang melatarbelakangi responden menggunakan Netflix adalah sebagai media hiburan. Mendapatkan hiburan , rasa senang, melepaskan diri dari masalah yang ada, mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan menjadi alasan utama responden menggunakan Netflix.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Teori Uses and Gratification; Film Populer; Kebutuhan Hiburan; Media Streaming; Netflix
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:03
Last Modified: 20 Feb 2025 07:03
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item