Peranan Sentimen Investor Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018 / Julia / 28160150 / Pembimbing : M. Budi Widiyo Iryanto

Julia, Julia (2020) Peranan Sentimen Investor Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018 / Julia / 28160150 / Pembimbing : M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
ORIGANILTAS - JULIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Resume - JULIA.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Peranan penting untuk mencapai profit suatu perusahaan, salah satunya adalah melalui penanaman investasi di pasar modal. Perusahaan harus mencari sumber dana yang berasal dari luar perusahaan seperti yang terdapat pada capital market, yang memperoleh pendapatan perusahaan melalui pendanaan dari calon penanaman modal atau investor untuk tetap menjaga kelangsungan usahanya. Harga saham sebagai representasi dari nilai perusahaan dapat ditentukkan oleh tiga faktor yaitu faktor internal perusahaan, eksternal perusahaan, dan teknikal. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh keputusan manajemen keuangan meliputi keputusan pendanaan, keputusan investasi perilaku keuangan dimana pola perilaku investor cukup berperan seperti proses emosional psikologis mempengaruhi keputusan investasi atau biasa dikenal dengan sentimen investor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan manufaktur. (2) mengetahui pengaruh sentimen investor terhadap nilai perusahaan manufaktur. Teori keuangan yang mendasari penelitian ini adalah agency theory, signaling theory, dan theory of behaviour finance. Kemudian didukung dengan informasi sentiment investor dan referensi terdahulu. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian adalah profitabilitas sebagai variabel independen dengan indikator pengukuran ROA dan ROE. Nilai perusahaan dengan indikator pengukuran PBV sebagai variabel dependen dan sentimen investor sebagai variabel moderasi dengan indikator market turnover Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 perusahaan manufaktur dan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Prosedur yang digunakan untuk pengujian model dan pengolahan data adalah model persamaan structural (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software SmartPLS 2.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahan dan sentimen investor tidak memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas sampel selain perusahaan manudaktur dan menggunakan variabel yang lebih banyak

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Investasi; Pasar Modal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 12 Oct 2020 05:02
Last Modified: 12 Oct 2020 05:02
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item