Susanto, Silsilia (2018) Dampak Emosi Positif dan Keterlibatan Konsumen terhadap Repatronage Intentions dengan Kepuasan Pelanggan dan Daya Tarik Pengecer Sebagai Pemediasi pada Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara / Silsilia Susanto / 22140086 / Pembimbing: Dergibson Siagian. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
22140086 - awal.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
22140086 - bab 1.pdf - Published Version Download (697kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
22140086 - bab 2.pdf - Published Version Download (819kB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
22140086 - bab 3.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
22140086 - bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
22140086 - bab 5.pdf - Published Version Download (531kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
22140086 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (738kB) |
|
Text (Lampiran)
22140086 - lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
22140086 - orisin.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
|
Text (Resume)
22140086 - resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Bisnis ritel merupakan bisnis yang sedang berkembang di Indonesia dan memberikan dampak positif karena meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Salah satu bisnis ritel yang sedang berkembang adalah bisnis hypermarket. Lotte Mart sendiri merupakan salah satu hypermarket yang terbesar di Indonesia dan memiliki banyak pelanggan. Dalam kondisi persaingan yang kompetitif, faktor-faktor seperti emosi positif, keterlibatan konsumen, kepuasan konsumen, dan daya tarik pengecer merupakan hal yang penting dalam menunjang kesuksesan perusahaan. Dengan membuat konsumen memiliki emosi yang positif dalam berbelanja, konsumen akan terlibat langsung dengan produk dan akan memiliki ketertarikan dengan pengecer. Hal tersebut akan menghasilkan kepuasan pelanggan terhadap pengecer dan membuat konsumen memiliki niat untuk datang kembali (repatronage intentions). Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Analisis Dampak Emosi Positif dan Keterlibatan Konsumen terhadap repatronage intentions dengan Kepuasan pelanggan dan Daya Tarik Pengecer Sebagai Pemediasi pada Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara. Teori yang digunakan untuk mendukung penulisan ini adalah definisi emosi positif, keterlibatan konsumen, kepuasan konsumen, daya tarik pengecer, dan repatronage intentions. Kemudian didukung oleh teori mengenai hubungan antara emosi positif dengan kepuasan pelanggan, emosi positif dengan daya tarik pengecer, keterlibatan konsumen dengan daya tarik pengecer, kepuasan pelanggan dengan daya tarik pengecer, kepuasan pelanggan dengan repatronage intentions, daya tarik pengecer dengan repatronage intentions, emosi positif dengan repatronage intentions, keterlibatan konsumen dengan repatronage intentions. Obyek penelitian ini adalah Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode komunikasi dan untuk penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Oleh karena itu, kuesioner online disebar melalui media Google Docs sebanyak 113 responden yang pernah berbelanja di Lotte Mart selama satu bulan terakhir. Prosedur yang digunakan untuk pengujian model dan pengolahan data adalah model persamaan struktural (Structural Equation Model) dengan menggunakan WarpPLS 5.0 dan SPSS 20.0. Output yang dihasilkan menunjukan bahwa emosi positif berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kepuasan pelanggan, emosi positif berpengaruh positif dan siginifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap daya tarik pengecer, keterlibatan konsumen berpengaruh positif dan siginifikan terhadap daya tarik pengecer, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap daya tarik pengecer, kepuasan pelanggan berpengaruh positif secara langsung dan secara tidak langsung berpengaruh positif dan siginifikan terhadap repatronage intentions, daya tarik pengecer berpengaruh positif dan siginifikan terhadap repatronage intentions, emosi positif berpengaruh positif dan siginifikan secara tidak langsung terhadap repatronage intentions, keterlibatan konsumen berpengaruh positif dan siginifikan secara tidak langsung terhadap repatronage intentions. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua hipotesis yang ada telah terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan kecuali 1 hipotesis yaitu kepuasan pelanggan terhadap repatronage intentions.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran-Waralaba; Kepuasan Konsumen; Emosi; Usaha, Persaingan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 01:53 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 01:58 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1211 |
Actions (login required)
View Item |