Nuraryo, Imam (2018) PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KECENDERUNGAN PERILAKU PENCEGAHAN KANKER SERVIKS MELALUI VIDEO PENYULUHAN. [Teaching Resource]
Text (Perubahan Pengetahuan Sikap dan Kecenderungan Perilaku Pencegahan Kanker Serviks Melalui Video Pengetahuan)
Laporan Penelitian Perubahan Pengatahuan Sikap.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai cara pencegahan kanker serviks ini dapat meningkatkan jumlah korban yang meninggal. Video Penyuluhan atau Kampanye merupakan salah satu media yang digunakan untuk memberikan penyuluhan kepada mahasiswi. Tujuan dari peneilitan ini adalah pertama untuk mengetahui seberapa efektif video penyuluhan pencegahan kanker serviks terhadap pengetahuan, sikap dan kecenderungan berperilaku di kalangan mahasiswi Perguruan Tinggi Swasta X. Penelitian ini menggunakan teori planned behavior yang merupakan penyempurnaan dari teori reasoned action yang dikemukakan oleh Fishbein dan Ajzen. Fokus utama dari teori planned behavior yaitu intensi individu untuk melakukan perilaku tertentu, intensi dianggap dapat melihat faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi perilaku. Untuk dapat memprediksi intensi individu dalam melakukan perilaku tertentu dibutuhkan 3 faktor yaitu sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control. Penelitian ini juga menggunakan konsep kampanye Public Relations yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran. Selanjutnya adalah mengenai pengetahuan, sikap, dan kecenderungan berperilaku. Pengetahuan merupakan berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan indra. Sikap merupakan reaksi atau proses seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulus atau objek. Sedangkan kecenderungan berperilaku adalah perilaku yang sudah sampai tahap hingga individu melakukan sesuatu tindakan terhadap objek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Data penelitian yang diperoleh dari tes (kuesioner) diolah dan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan uji independen t untuk menguji hipotesis. Variabel dikatakan adanya pengaruh yang signifikan antara satu dengan yang lainnya apabila video penyuluhan ini tidak memiliki pengaruh secara efektif dalam mengubah pengetahuan, sikap dan kecenderungan berperilaku mahasiswa dalam upayanya memperhatikan kesehatan diri yang berpotensi untuk menimbulkan kanker serviks. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa video kampanye tidak memberikan efek yang signifikan terhadap pengetahuan kelompok eksperimen, pengetahuan kelompok kontrol dan sikap kelompok kontrol, kecenderungan berperilaku kelompok eksperimen dan kecenderungan berperilaku kelompok kontrol dengan nilai sig lebih besar dari 0,05. Sedangkan video kampanye memberikan efek yang signifikan terhadap tingkat sikap kelompok eksperimen dengan nilai sig lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, peneliti membuat kesimpulan bahwa penggunaan video kampanye tidak efektif terhadap pengetahuan namun efektif terhadap tingkat sikap kelompok eksperimen. Sedangkan, penggunaan video kampanye tidak efektif terhadap tingkat pengetahuan dan sikap kelompok kontrol. Kata Kunci : Video Penyuluhan, Kanker Serviks, Eksperimental
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > School of Humanities |
Depositing User: | Dr. Imam Nuraryo, S.Sos., M.A. (Comms) |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 04:20 |
Last Modified: | 25 Jan 2021 04:20 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1233 |
Actions (login required)
View Item |