Implementasi Algoritma Boids dan Collision Avoidance Pada Pergerakan NPC Dalam Game 2D Berbasis Web / Rodo Maxmilano / 55160186 / Pembimbing: Richard Vinc N. Santoso

Maxmilano, Rodo (2020) Implementasi Algoritma Boids dan Collision Avoidance Pada Pergerakan NPC Dalam Game 2D Berbasis Web / Rodo Maxmilano / 55160186 / Pembimbing: Richard Vinc N. Santoso. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
55160186 - RODO MAXMILANO - bagian awal.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
55160186 - RODO MAXMILANO - bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2 Landasan Teori)
55160186 - RODO MAXMILANO - bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3 Gambaran Sistem Yang Berjalan)
55160186 - RODO MAXMILANO - bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4 Analisis dan Pembahasan)
55160186 - RODO MAXMILANO - bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
55160186 - RODO MAXMILANO - bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
55160186 - RODO MAXMILANO - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Lampiran)
55160186 - RODO MAXMILANO - lampiran.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
55160186 - RODO MAXMILANO - originalitas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text (Resume)
55160186 - RODO MAXMILANO - resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan pembuatan permainan komputer, penerapan kecerdasan buatan meningkat dengan pesat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mencari efektivitas gerombolan Non-Player Character dengan algoritma Boids agar tidak saling bertabrakan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tahu berapa waktu yang ditempuh oleh gerombolan Non-Player Character saat menggunakan algoritma Boids dan Collision Avoidance beserta mencari tahu apakah semakin banyak jumlah NonPlayer Character dapat mengurangi peforma yang dihasilkan oleh komputer. Peneliti mempelajari teori yang berkaitan dengan algoritma Boids dan juga melakukan studi pada jurnal penelitian terdahulu yang memakai algoritma Boids. Studi ini dilakukan untuk mengumpulkan data bagaimana algoritma Boids dapat diimplementasikan ke objek NPC dengan mempelajari hasil penelitian tersebut. Peneliti memberikan gambaran umum bagaimana NPC dalam permainan komputer dapat bergerak dengan menunjukan contoh algoritma pergerakan terhadap NPC yang mengejar NPC lainnya. Peneliti juga menggunakan metode Waterfall untuk menjalankan penelitiannya. Metode Waterfall tersebut memiliki urutan proses yaitu adalah perencanaan, analisis, perancangan dan pemograman, pengujian dan implementasi. Algoritma Boids memiliki 3 aturan utama yaitu Separation, Alignment dan juga Cohesion. Peneliti melakukan eksperimen algoritma Boids, peneliti melakukan eksperimen dengan melakukan eksperimen dengan algoritma Boids dan juga dengan ditambah Collision Avoidance pada eksperimennya. Pada eksperimen menggunakan algoritma Boids peneliti mengubah variabel Separation, Cohesion dan juga Alignment sesuai nilai yang ditentukan. Dari data yang dihasilkan dapat dilihat bahwa dengan diimplementasikannya algoritma Boids dapat menurunkan jumlah NPC yang bertabrakan dan membuktikan bahwa makin banyak boids dapat menurunkan performa komputer. Eksperimen ini juga membuktikan bahwa semakin banyak NPC Boids yang ada, performa komputer akan menurun dilihat dari rata-rata Frame rate yang dihasilkan. Dari penelitian yang dilakukan, dapat dibuktikan algoritma Boids yang dibantu dengan Collision Avoidance dapat mengurangi tabrakan pada kelompok boids yang saling berdekatan. Eksperimen membuktikan bahwa semakin banyak jumlah NPC Boids dapat mengurangi performa yang dihasilkan oleh komputer dengan melihat nilai ratarata dari Frame Rate per detik yang dihasilkan. Kata kunci: NPC, game, kecerdasan buatan, Algoritma boids, Collision Avoidance, Flocking

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komputer-Algoritma; Komputer-Bahasa Program
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 13 Oct 2020 05:00
Last Modified: 13 Oct 2020 05:00
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item