Bonfilio, Shannen (2018) Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap E-Commerce Sites Brand Preference pada Kaskus, OLX, dan Tokopedia di Jakarta / Shannen Bonfilio / 22140293 / Dosen Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (803kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (923kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (636kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (814kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Melalui teknologi internet dan meningkatnya pengguna internet di dunia, kegiatan perdagangan mulai mengalami perkembangan. Banyak bisnis yang mulai menggunakan internet untuk melakukan promosi maupun perdagangannya, bisnis baru di dalam dunia digital ini disebut dengan perdagangan elektronik (e-commerce). Pertanyaannya, bagaimana pengaruh brand image, dan brand trustterhadap brand preference pada Kaskus, OLX, dan Tokopedia. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori e-commerce, brand image, brand trust, dan brand preference. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand imagedan brand trust, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah brand preference. Analisis yang diuji adalah citra merek yang baik akan menciptakan kepercayaan merek yang baik dan pada akhirnya akan mempengaruhi preferensi merek untuk menggunakan situs jual beli online. Untuk mengetahui hasil, digunakan metode analisis regresi sederhana dan berganda serta analisis jalur. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara kepada 219 responden dengan periode satu bulan terhitung sejak 15 November – 15 Desember 2017, serta dari pustaka yang membahas topik sejenis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh terhadap brand preference pada Kaskus dan Tokopedia, sedangkan untuk OLX tidak berpengaruh. Brand trust berpengaruh terhadap brand preference pada Kaskus, OLX, dan Tokopedia. Brand image berpengaruh terhadap brand trust pada Kaskus, OLX, dan Tokopedia. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh brand image terhadap brand preference melalui brand trust pada Kaskus, dan Tokopedia, sedangkan untuk OLX pengaruh brand image terhadap brand trust tidak diteruskan kepada brand preference. Disarankan Kaskus untuk menambahkan fitur-fitur yang memudahkan transaksi jual beli. OLX sebaiknya berinovasi terutama untuk sistem transaksi agar membuat layanannya tetap menjadi pilihan utama. Untuk Tokopedia selain mempertahankan kualitas layanan yang sudah baik saat ini, sebaiknya Tokopedia terus membuat inovasi layanan sehingga menjadikan Tokopedia unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Kepada peneliti selanjutnya meneliti disarankan untuk melakukan penelitian ini terhadap responden yang mono-loyalitas.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran-Merek Dagang; E-Commerce; Pemasaran-Internet |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HH Accounting (General) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 02:14 |
Last Modified: | 05 Feb 2021 02:14 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1202 |
Actions (login required)
View Item |