Rencana Bisnis Pendirian Kursus Musik “Wijaya Music Course” di Mangga Besar, Jakarta Barat / Dhanin Wijaya / 78130125 / Pembimbing : Bernadine

Wijaya, Dhanin (2017) Rencana Bisnis Pendirian Kursus Musik “Wijaya Music Course” di Mangga Besar, Jakarta Barat / Dhanin Wijaya / 78130125 / Pembimbing : Bernadine. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (544kB)
[img] Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version

Download (827kB)
[img] Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version

Download (789kB)
[img] Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IX ORGANISASI EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version

Download (7kB)

Abstract

Dimulai dari konsep bisnis, Wijaya Music Course merupakan lembaga kursus musik yang menyediakan jasa kursus musik dengan tiga pilihan alternatif alat musik yaitu gitar, piano, dan drum dengan genre musik klasik, pop, dan jazz. Wijaya Music Course juga memiliki tingkatan kelas mulai dari level begginer, intermediate, hingga professional. Agar dapat memasuki tingkatan kelas yang lebih tinggi, maka para murid diharuskan untuk mengikuti ujian peningkatan level. Waktu kursus yang ditawarkan adalah 60 menit selama seminggu sekali. Metode belajar yang ditawarkan selain bertatap muka secara langsung dengan tenaga pengajar, juga dapat belajar melalui video-video materi kursus yang telah disediakan oleh Wijaya Music Course. Visi dari Wijaya Music Course adalah menjadi lembaga kursus musik yang berkualitas dan terpercaya dengan menjalankan misi selalu mengutamakan kualitas dalam pelayanan, membina hubungan baik dengan pelanggan dan para karyawan, menggunakan teknologi berbasis website untuk mendukung kegiatan proses pembelajaran, pemasaran, dan sistem informasi kepada pelanggan serta menumbuhkan prestasi anak muda dalam bermusik dengan mengadakan ujian peningkatan level, konser musik, dan kompetisi musik. Sedangkan untuk tujuan jangka pendek adalah mencapai target pelanggan yang telah ditentukan, jangka menengah adalah menambah ruang kelas baru di tahun ke-4, dan untuk jangka panjang adalah melakuakan ekpansi geografis di luar wilayah Jakarta Barat. Persaingan pada industri kursus musik sangat ketat. Pesaing utama Wijaya Music Course adalah Yamaha Music School dan Purwacaraka Music Studi. Dalam analisis CPM, maka total skor bobot untuk Wijaya Music Course kalah dari Yamaha Music School dan Purwacaraka Music Studio. Wijaya Music School hanya memperoleh total skor bobot 2,64, sedangan Yamaha Music School memperoleh total skor bobot sebesar 3,36 dan Purwacaraka Music Studio memperoleh total skor bobot sebesar 2,82. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Wijaya Music Course adalah dengan menggunakan media sosial, membuat flyer, banner, dan menggunakan website pribadi. Struktur organisasi Wijaya Music Course terdiri dari 9 orang di tahun pertama yaitu terdiri dari 6 orang tenaga pengajar masing-masing 2 orang untuk gitar, piano, dan drum, kemudian 1 orang untuk bagian administrasi, 1 orang office boy, dan 1 orang satpam. Rencananya di tahun ke-4 akan ada penambahan tenaga pengajar sebanyak 8 orang karena adanya penambahan kelas sebanyak 8 kelas. Analisis kelayakan usaha, maka untuk NPV sebesar 818.628.098 lebih besar dari 0, IRR sebesar 45,06% lebih besar dari 11,36% ( tingkat bunga bank komersial), dengan payback period 2 tahun 6 bulan 1 hari dan profitability index sebesar 2,624552197 lebih besar dari 1. Dari hasil itu semua, dapat disimpulkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:35
Last Modified: 18 Feb 2021 01:35
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item