Rencana Pendirian Café “FRU-FEE” di Kelapa Gading, Jakarta Utara / Ricky Gunajie / 70130222 / Pembimbing: Tony Sitinjak

Gunajie, Ricky (2017) Rencana Pendirian Café “FRU-FEE” di Kelapa Gading, Jakarta Utara / Ricky Gunajie / 70130222 / Pembimbing: Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
70130222 - Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
70130222 - Bab 1.pdf - Published Version

Download (891kB)
[img] Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
70130222 - Bab 2.pdf - Published Version

Download (869kB)
[img] Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
70130222 - Bab 3.pdf - Published Version

Download (928kB)
[img] Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
70130222 - Bab 4.pdf - Published Version

Download (769kB)
[img] Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
70130222 - Bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
70130222 - Bab 6.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
70130222 - Bab 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Resiko Usaha)
70130222 - Bab 8.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text (Bab 9 Ringkasan Eksekutif)
70130222 - Bab 9.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
70130222 - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (Lampiran)
70130222 - Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
70130222 - original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Café fru-fee didirikan karena kesukaan pemilik dengan buah-buahan dan kopi, sekaligus untuk memenuhi tren hidup sehat di Jakarta pada saat ini. Buah memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin dan serat, sedangkan kopi baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung, dementia dan alzhemeir. Café fru-fee terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara merupakan sebuah café yang menjual produk utama yang merupakan minuman campuran jus buah dan kopi yang memiliki manfaat dari buah dan kopi. Target konsumen café fru-fee adalah para konsumen yang tinggal di Jakarta Utara lebih tepatnya daerah Kelapa Gading, yaitu mereka yang memiliki umur 20 tahun sampai 29 tahun. Hal ini dikarenakan pada rentang usia ini konsumen sudah dapat menghasilkan pendapatan sendiri. Café fru-fee dalam menjalankan operasinya menggunakan struktur sederhana, yang terdiri dari 4 orang pada tahun pertamanya yaitu manajer, 1 chef, 1 office boy dan 1 waitress. Café fru-fee beroperasi dari jam 12 siang sampai jam 9 malam ditahun pertama. Investasi awal untuk membuka café fru-fee sebesar Rp 421.777.000,00. Modal awal ini terbagi untuk cadangan kas, sewa ruko, pembelian peralatan, bahan baku dan perlengkapan. Analisis keuangan untuk café fru-fee menunjukkan bahwa selama 5 tahun café fru-fee selalu memiliki penjualan diatas Break Event Point. Sedangkan hasil perhitungan menggunakan penilaian kelayakan investasi adalah layak karena menghasilkan NPV>0 yaitu sebesar Rp. 104.419.118,00 dengan menggunakan tingkat suku bunga 15%. Selain itu periode pengembalian investasi terhitung selama 3 tahun 7 bulan dan 2 hari. Nilai IRR yang didapat dari hasil perhitungan sebesar 22.79%. dimana hasil IRR ini lebih besar dari rate of return yang diharapkan yaitu sebesar 15%. Sehingga dari semua analisis ini dapat disimpulkan bahwa café fru-fee adalah investasi yang layak dijalankan. Setiap bisnis memiliki kelemahannya tersendiri, untuk café fru-fee berikut kelemahannya : buah yang tidak dapat bertahan lama, kualitas pelayanan yang berisiko tidak dapat dijaga, lokasi yang bukan berada di jalanan utama, kualitas produk yang bisa berbeda-beda, dan permasalahan dengan pemasok. Karena hal itu, berikut merupakan solusi untuk kelemahan café fru-fee : mempersiapkan kulkas dan bekerja sama dengan pemasok mengenai masalah bahan baku, menetapkan standar untuk setiap karyawan, promosi-promosi, menetapkan standar untuk pembuatan produk, dan bekerja sama dengan beberapa pemasok.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:23
Last Modified: 18 Mar 2021 04:23
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item