Analisis Keunggulan Bersaing Go-Jek dan Grab di Wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara / Andri Kurniawan / 24130390 / Pembimbing : Tony Sitinjak

Kurniawan, Andri (2017) Analisis Keunggulan Bersaing Go-Jek dan Grab di Wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara / Andri Kurniawan / 24130390 / Pembimbing : Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN OROGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (893kB)

Abstract

Ditengah situasi kompetisi yang semakin ketat sekarang ini, perusahaan harus mampu menciptakan dan mempertahankan keunggulan bersaing. Go-Jek dan Grab merupakan perusahaan yang menyediakan transportasi berbasis online. Dalam memilih diantara keduanya, konsumen memiliki berbagai pertimbangan terutama tentang produk atau jasa yang ditawarkan, harga, lokasi ketersediaan layanan, promosi, driver, kendaraan operasional yang layak serta proses pemberian layanan yang baik. Faktor- faktor tersebut juga menentukan tingkat kepuasan konsumen dan konsumen yang merasa puas terhadap suatu produk atau layanan yang diterima akan senantiasa loyal. Konsumen akan menerima persepsi mengenai layanan dan harga setelah menggunakan layanan transportasi berbasis online. Konsumen akan membandingkan apakah layanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan serta apakah harga yang dibayarkan sesuai dengan layanan yang diterima. Penelitian ini menggunakan konsep keunggulan bersaing, yang dapat dicapai dengan memberikan nilai kepada pelanggan, melalui harga yang lebih rendah atau dengan memberikan manfaat yang lebih besar dan berkualitas seperti yang diberikan pesaing. Untuk mengukur keunggulan bersaing diperlukan persepsi konsumen terhadap kualitas dan persepsi nilai yang di dapat dari perceived price dan perceived worth untuk Go-Jek dan Grab. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa transportasi online Go-Jek dan Grab di wilayah Kelapa Gading. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan menggunakan pendekatan judgement sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data berdasarkan teknik observasi dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data yang dapat dijadikan informasi yang berguna bagi penelitian dengan pengolahan data dengan program SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis keunggulan bersaing yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa (1)tarif minimum Go-Ride lebih unggul dibandingkan GrabBike, (2) tarif minimum Go-Car lebih unggul dibandingkan Go-Car , (3)tarif per kilometer GrabBike lebih unggul dibandingkan Go-Ride dan (4)tarif per kilometer Go-Car lebih unggul dibandingkan GrabCar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa pada tarif minimal Go-Ride dan Go-Car lebih unggul dan untuk tarif per kilometer GrabBike dan Go- Car lebih unggul. Saran penulis bagi keduanya adalah harus senantiasa berinovasi secara kreatif untuk memberikan jasa- jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat namun belum terpenuhi sehingga dapat menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Usaha, Persaingan; Pemasaran, Strategi; Kepuasan Konsumen; Transportasi Online
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Pricing (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
H Social Sciences > HF Commerce (Trade) > Transportations
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Apr 2021 01:00
Last Modified: 09 Apr 2021 01:00
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item