Masiruw, Melissa Myrna Jennifer (2016) Pendirian Usaha Baru Melissious Cafe di Kelapa Gading Jakarta Utara / Melissa Myrna Jennifer Masiruw / 23110382 / Pembimbing : Joko Sangaji. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (926kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIFREKOMENDASI.pdf - Published Version Download (863kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (989kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Karya ilmiah yang penulis susun ini, merupakan sebuah perencanaan pendirian usaha baru di Kelapa Gading dalam bidang penjualan makanan dan minuman yang diberi nama Melissious Cafe. Melissious Cafe mengutamakan hidangan yang disediakan adalah makanan Eropa (Belanda dan Itali) khususnya makanan Belanda, Poffertjes dengan cita rasa asli dalam satu tempat dengan konsep desain urban-european style. Target pasar yang dituju adalah pasar menengah dan menengah keatas untuk segala usia. Tidak lupa juga, Melissious Cafe telah menyiapkan berbagai macam promosi yang cukup untuk menarik perhatian konsumen dan menampilkan keunikan tersendiri dari pesaing-pesaing yang lain. Sebagai pendatang baru dalam bidang kuliner di wilayah Kelapa Gading, Melissious Cafe menggunakan media promosi lewat mulut ke mulut ke keluarga, teman-teman serta kerabat dekat dan promosi langsung. Tidak lupa juga, Melissious Cafe menggunakan media sosial untuk memperkenalkan Melissious Cafe lebih jauh, seperti Facebook dan Instagram. Modal awal yaitu sebesar Rp 420.000.000 yang akan digunakan untuk membayar segala kebutuhan Melissious Cafe yaitu dari sewa ruko, kebutuhan bahan baku, biaya perlengkapan, biaya peralatan, biaya dekorasi, biaya pembukaan (grand opening) dan kas usaha. Modal yang digunakan adalah pinjaman dari orang tua dan penghasilan mengikuti bazaar. Setelah dilakukan perhitungan Proyeksi Penjualan, Anggaran Penjualan, Income Statement, Cash Flow dan Balance Sheet, maka perhitungan selanjutnya adalah analisis kelayakan usaha. Melissious Cafe menggunakan perhitungan Net Present Value (NPV), Profitability Index (PI), Payback Period (PP), Internal Rate of Return (IRR), untuk menentukan apakah Melissious Cafe layak untuk didirikan. Berdasarkan dari perhitungan NPV sebesar 412.446.064 > 0, maka usaha Melissious Cafe layak untuk didirikan. Nilai PI sebesar 1,98 > 1, maka investasi Melissious Cafe layak untuk dijalankan. Perhitungan PP dikatakan bahwa pengembalian modal yang didapatkan pada 2 Tahun, 4 Bulan dan 13 Hari. Yang terakhir adalah perhitungan IRR yang didapatkan adalah sebesar 38.6%, usaha ini layak karena memiliki IRR yang lebih besar daripada tingkat DF (Discount Factor) yang ditetapkan sebesar 10,75%. Berdasarkan dari perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Kuliner |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Business Finance H Social Sciences > HI Business > Business Plan H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 28 May 2021 02:36 |
Last Modified: | 28 May 2021 02:36 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1881 |
Actions (login required)
View Item |