Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Media Penampung Saran dan Keluhan dengan Menggunakan SMS Gateway pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas / Hartanto Apriyadi / 45130085 / Pembimbing: Elis Sondang Dasawaty Tampubolon

Apriyadi, Hartanto (2017) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Media Penampung Saran dan Keluhan dengan Menggunakan SMS Gateway pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas / Hartanto Apriyadi / 45130085 / Pembimbing: Elis Sondang Dasawaty Tampubolon. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
awal.pdf - Published Version

Download (977kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Bab 2 Landasan Teori)
BAB II.pdf - Published Version

Download (822kB)
[img] Text (Bab 3 Analisis Sistem Yang Berjalan)
BAB III.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Bab 4 Perancangan Sistem Yang Diusulkan)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
originalitas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text (Resume)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas proses pemberian informasi kepada wajib pajak masih diberikan menggunakan SMS. Sehingga, dibutuhkan aplikasi SMS yang dapat mempermudah pegawai dalam memberikan informasi melalui SMS kepada wajib pajak. Di dalam Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas juga belum memiliki media penampung saran dan keluhan dari wajib pajak. Saran dan keluhan ini diperlukan oleh Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Sistem Informasi Media Penampung Saran dan Keluhan dengan Menggunakan SMS Gateway ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Mysql untuk pengelolaan basis data. Dalam hal gateway antara komputer dan modem digunakan aplikasi gammu sebagai perantaranya. Aplikasi SMS Gateway inilah yang akan mengelola SMS masuk dan keluar seperti saran dan keluhan dari wajib pajak. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi langsung di lapangan. Dalam memberikan informasi berupa SMS dan menampung saran dan keluhan dari wajib pajak di lingkungan Unit Pelayanan Pajak Daerah Ciracas masih bersifat konvensional. Penelitian ini menghasilkan sebuah program sistem informasi SMS Gateway untuk mengirimkan informasi SMS secara efektif dan efisien serta dapat menampung saran atau keluhan yang diberikan oleh wajib pajak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem informasi SMS Gateway dapat memudahkan pegawai pelayanan untuk memberikan informasi melalui SMS secara cepat. Sistem ini juga menjadi penampung saran dan keluhan yang baik karena terdapat daftar dan laporan yang jelas dan terperinci. Saran untuk sistem informasi SMS Gateway ini adalah untuk memastikan semua perangkat terpasang dengan baik dan melakukan pemeliharaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perancangan Sistem; Sistem Informasi; Komputer-Program
Subjects: W Computer Science > Information Security Management
W Computer Science > Information Systems
W Computer Science > Mobile Computing
W Computer Science > Computer - Business
W Computer Science > Database Management
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:20
Last Modified: 07 Jan 2022 07:20
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item