Rencana Bisnis Pendirian Usaha Dagang “Guna Sakti Perkasa” / Gustinov Tjajahadikusuma / 26090220 / Pembimbing : Martha Ayerza Ezra

Tjajahadikusuma, Gustinov (2015) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Dagang “Guna Sakti Perkasa” / Gustinov Tjajahadikusuma / 26090220 / Pembimbing : Martha Ayerza Ezra. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF REKOMENDASI.pdf

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Dagang Guna Sakti Perkasa adalah distributor minuman beralkohol dengan merek lokal yaitu Jack Beer. Kantor UD. Guna Sakti Perkasa ini akan mengambil lokasi di daerah Ancol, tepatnya di kompleks Pasir Putih, Ancol Timur. Daerah ini dinilai sangat cocok karena industri hiburan sedang berkembang pesat di daerah Jakarta Utara, sehingga dapat memaksimalkan penggunakan biaya operasional perusahaan. Segmentasi yang dimiliki oleh UD. Guna Sakti Perkasa adalah menggunakan kombinasi faktor segmentasi Geografis, Demografis, Psikografis dan Perilaku untuk memperoleh faktor segmentasi yang terbaik. Berdasarkan usia UD. Guna Sakti Perkasa ditujukan kepada konsumen yang berusia 18 tahun ke atas, di mana pada usia tersebut konsumen telah legal untuk mengkonsumsi minuman beralkohol. Berdasarkan segmentasi geografis, UD. Guna Sakti Perkasa lebih fokus pada tempat – tempat hiburan yang terdapat di Jakarta Utara. Berdasarkan segmentasi psikografis dan perilaku, segmen UD. Guna Sakti Perkasa adalah tempat – tempat hiburan di mana para konsumen berkumpul bersama teman dan kerabat nya dalam menghabiskan waktu. Proforma laporan income statement menunjukan penjualan dan laba yang terus meningkatkan dalam kurun waktu lima tahu. Pada laporan proyeksi arus kas, dijelaskan mengenai kas masuk dan kas yang dikeluarkan, arus kas akhir menunjukan angka positif selama lima tahun. Penjualan diharapkan meningkat 10% setiap tahunnya. Pendirian UD. Guna Sakti Perkasa ini membutuhkan dana awal kurang lebih sebesar Rp 3.340.000.000 dengan menggunakan 100% modal sendiri. Dana tersebut dialokasikan untuk sewa tempat usaha sebesar Rp 100.000.000. Peralatan kantor Rp 59.063.200. Kendaraan kantor Rp 328.000.000. Perlengkapan kantor Rp 2.373.750. Biaya perizinan usaha Rp 3.000.000. Pembelian produk minuman beralkohol Rp 2.841.281.625. Dan kas Rp 6.281.425. Proyeksi laporan keuangan dilakukan untuk mengukur penilaian kinerja perusahaan. Penilaian kelayakan bisnis menggunakan beberapa metode penilaian investasi. Hasil analisa kelayakan membuktikan bahwa investasi UD. Guna Sakti Perkasa layak untuk dijalankan terbukti dengan NPV positif sebesar Rp 476.635.386. Penilaian investasi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dilakukan dengan menghitung Profitability Index yaitu sebesar 1,14 dengan kesimpulan layak dijalankan karena nilainya lebih dari satu (PI > 1) dengan Payback Period dalam kurun waktu 3 Tahun, 8 Bulan, 19 Hari. Analisis Internal Rate of Return (IRR) adalah sebesar 13,01% lebih besar dari 7,5% yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Bisnis Minuman Beralkohol
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management)
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:59
Last Modified: 14 Feb 2022 06:59
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item